HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PENYAKIT HIV/AIDS DI BEKASI

Sondang Ratnauli Sianturi, Yana Aprianingsih

Abstract


HIV/AIDS merupakan isu global dengan prevalensi besar. Pengetahuan akan HIV/AIDS perlu dimiliki oleh masyarakat sehingga pencegahan dan penularan HIV/AIDS dapat ditangani dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk diketahuinya hubungan karakteristik individu meliputi usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, sumber informasi dengan pengetahuan masyarakat tentang penyakit HIV/AIDS di RW 07 Desa Setia Asih. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah masyarakat RW07 yang sudah menikah dan berumur 24 tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yang didasarkan pada kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti, dengan jumlah responden sebanyak 160 warga. Analisis statistik menggunakan uji Chi-Square, Kendall’s Tau B dan C. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak (36,3%) responden usia yang berusia 26-35 tahun memiliki pengetahuan baik, pada jenis kelamin perempuan (36,9%) memiliki pengetahuan baik, pada pendidikan SMA (21,3%) memiliki pengetahuan baik, sedangkan pada pekerjaan karyawan (20,6%) memiliki pengetahuan baik. Simpulan dari peneliti adalah tidak ada hubungan bemakna antara usia, jenis kelamin, pekerjaan,sumber informasi dengan pengetahuan, adanya hubungan antara pendidikan dengan pengetahuan dengan nilai p=value 0,034 (p< 0,05). Pendidikan yang cukup dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat, sehingga dapat berdampak pada perilaku yang sehat.


Keywords


HIV/AIDS; Karakteristik individu; Pengetahuan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 296 times
PDF files downloaded : 52 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v10i3.422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats