Studi Deskriptif Penggunaan Vaginal Douche pada Remaja Putri di SMK N 1 Kudus Tahun 2014

Yunita Dikamawarni P., Heriyanti Widyaningsih

Abstract


Remaja atau adolesens adalah periode perkembangan dimana individu mengalami perubahan dari masa anak-anak menuju dewasa. Penggunaan cairan pembersih atau vaginal douche saat ini telah banyak dilakukan sebagai bagian dari personal hygiene. Douching dilakukan untuk membersihkan darah setelah menstruasi atau hanya untuk merasa lebih bersih, namun penggunaan vaginal douching secara teratur dapat mengakibatkan dampak negative bagi kesehatan reproduksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaan vaginal douching pada remaja putri di SMK N 1 Kudus.Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan consecutive sampling, dengan jumlah sampel 120 responden kelas X SMK N 1 Kudus. Populasi penelitian ini sebanyak 482. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisa data dengan analisa univariat yang menggunakan tabel distribusi frekuensi yaitu menggambarkan penggunaan vaginal douche pada remaja putri di SMK N 1 Kudus. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa semua responden menggunakan vaginal douche yaitu sebanyak 120 (100%) responden. Diharapkan dengan penelitian ini remaja putri di SMK N 1 Kudus mengetahui dampak positif dan negative yang ditimbulkan dari penggunaan vaginal douche.

Kata Kunci: Penggunaan Vaginal Douche, Remaja Putri

Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 363 times
Naskah Full Text files downloaded : 68 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v1i3.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats