Analisis Pengaruh Berat Badan Lebih Terhadap Penurunan Fungsi Memori Jangka Pendek pada Anak Umur 8-12 Tahun di SD Cahya Nur Kabupaten Kudus

Sri Hartini, Biyanti Dwi Winarsih

Abstract


Prevalensi obesitas pada anak telah meningkat dalam 3 dekade terakhir. Obesitas pada anak beresiko tinggi menjadi obesitas dimasa dewasa dan berpotensi menderita penyakit metabolik dan penyakit degeneratif dikemudian hari. Munculnya masalah tentang penurunan fungsi kognitif pada anak menjadi konsekuensi penting lain dari meledaknya masalah kesehatan terkait obesitas. Fungsi memori dan belajar merupakan salah satu dari fungsi kognitif dimana kecepatan proses kognitif diketahui bergantung dari derajat aktivasi memori jangka pendek. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh antara berat badan lebih dengan penurunan fungsi memori jangka pendek pada anak umur 8-12 tahun.

Penelitian ini melibatkan 65 responden berat badan lebih berumur 8-12 tahun di SD Cahaya Nur Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian survai analitik dan menggunakan rancangan case control dengan menggunakan pendekatan retrospectif.

Penelitian ini memperoleh hasil nilai rata-rata Body Mass Index responden pada percentil ke 94,39. Hasil rata-rata nilai fungsi memori jangka pendek pada anak obesitas lebih rendah (14,53) dibandingkan dengan nilai rata-rata anak overweight (16,26). Hasil analisa antara berat badan lebih dan penurunan fungsi memori jangka pendek menghasilkan Ï value 0,001 atau < taraf signifikan (α : 0,05)

Simpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh antara berat badan lebih dengan penurunan fungsi memori jangka pendek pada anak umur 8-12 tahun.

Kata Kunci :  Berat Badan Lebih, Fungsi Memori Jangka Pendek.

Daftar Pustaka :           74 (2000-2011)

Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 489 times
Naskah Full Text files downloaded : 147 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v1i3.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats