Pengaruh Kadar Rendaman Tembakau Terhadap Kematian Lalat Rumah (Musca Domestica)

Joni Dian Rohman(1*), Risna Endah Budiati(2),

(1) 
(2) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Lalat merupakan jenis serangga yang termasuk ordo Dipteria yang hidupnya dekat dengan lingkungan manusia dan penyebarannya luas diseluruh dunia. Tanaman tembakau merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai pestisida alami, karena terdapat kandungan nikotin yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rendaman tembakau terhadap kematian lalat rumah (Musca domestica). Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Teknik sampling berupa Purposive Sampling sehingga besar sampel yang digunakan adalah sebanyak 250 ekor lalat. Uji analisis menggunakan Regresi Linear. Hasil uji statistik dengan uji Regresi Linear pada kadar 12,5% didapatkan nilai p value = 0.000. Pada kadar 25% didapatkan nilai p value = 0.000. Pada kadar 50% nilai p value = 0.000. Pada kadar 100% nilai p value = 0.000. Berdasarkan pengujian diperoleh hasil bahwa konsentrasi rendaman tembakau 100% memberi hasil terbaik. Hal ini diperlihatkan dari jumlah kematian lalat rumah tertinggi 35 ekor (70%). Serta kemampuan lalat untuk hidup 15 ekor (30%).

Kata Kunci : Kadar Rendaman, Tembakau, Kematian Lalat, Musca domestica


Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 833 times
Naskah Full Text files downloaded : 121 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v1i3.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats