Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketidakberhasilan dalam Pemberian ASI Eksklusif di Desa Cepogo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara

Sri Puji Lestari(1*), Noor Faidah(2),

(1) 
(2) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : pemberian ASI eksklusif di Indonesia belum terlaksana dengan baik. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi belum optimalnya pemberian ASI eksklusif antara lain yaitu pengetahuan, status pekerjaan, dan dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mrmpengaruhi ketidakberhasilan dalam pemberian ASI eksklusif di Desa Cepogo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.

Metode Penelitian : jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Corelation dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu menyusui yang mempunyai bayi usia 0-6 Bulan di Desa Cepogo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara yaitu sebanyak 63 ibu. Sampel yang di ambil sebanyak 55, dengan teknik purposive sampling.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan dengan ketidakberhasilan dalam pemberian ASI eksklusif (p=0,006), tidak ada hubungan antara status pekerjaan dengan ketidakberhasilan dalam pemberian ASI eksklusif (p=0,897), ada hubungan antara dukungan keluarga dengan ketidakberhasilan dalam pemberian ASI eksklusif (p=0,036).

Kesimpulan : Ada hubungan pengetahuan dengan ketidakberhasilan dalam pemberian ASI eksklusif, tidak ada hubungan status pekerjaan dengan ketidakberhasilan dalam pemberian ASI eksklusif, ada hubungan dukungan keluarga dengan ketidakberhasilan dalam pemberian ASI eksklusif di Desa Cepogo Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Peneliti menyarankan kepada ibu yang mempunyai anak usia 0-6 bulan untuk memberikan ASI eksklusif, bagi tenaga kesehatan agar dapat meningkatkan penyuluhan tentang ASI eksklusif.

Kata kunci : Pengetahuan, Status Pekerjaaan, Dukungan Keluarga, Ketidakberhasilan Pemberian ASI

Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 642 times
Naskah Full Text files downloaded : 73 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v2i3.58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats