FORMULASI KRIM EKSTRAK DAUN MENGKUDU (Morinda citrifolia L.) SEBAGAI SEDIAAN PELINDUNG SINAR ULTRAVIOLET

Dessy Erliani Mugitasari, Bela Rahmawati

Abstract


Tabir surya merupakan suatu zat material yang dapat melindungi kulit atau radiasi sinar UV. Senyawa fenolik yang terdapat pada daun mengkudu berfungsi melindungi jaringan tubuh terhadap kerusakan akibat radiasi sinar matahari. Senyawa fenolik khususnya golongan flavonoid mempunyai potensi sebagai tabir surya karena adanya gugus kromofor yang mampu menyerap sinar UV. Pengukuran aktivitas tabir surya dilakukan secara in vitro menggunakan spektrofotometri UV-Vis dengan menentukan nilai SPF dari ektrak daun mengkudu dan krim ekstrak daun mengkudu. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh sedian krim ekstrak daun mengkudu yang baik dengan melakukan uji ekstrak daun mengkudu yang mempunyai aktivitas SPF dan uji parameter sifat fisik yang baik (daya lekat, daya sebar, organoleptis, pH, dan viskositas). Jenis penelitian yang dilakukan  ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan secara eksperimental. Pembuatan krim ekstrak daun mengkudu dilakukan dengan menggunakan menggunakan basis vanishing cream. Krim diformulasikan menjadi tiga variasi konsentrasi yaitu 10%, 15% dan 20%. Uji yang di lakukan meliputi uji organoleptis, uji homogenitas, uji daya lekat, uji daya sebar, dan uji pH. Dari hasil penelitiaan didapatkan hasil pada uji skrinning fitokimia kualitatif ekstrak daun mengkudu adalah positif menggandung flavonoid, saponin, dan tanin. Hasil uji SPF pada variasi konsentrasi ekstrak daun mengkudu 10%, 15%, dan 20% secara berturut-turut sebesar 22.435, 22.397, dan 22.678. Sedangkan nilai SPF pada krim ekstrak daun mengkudu 10%, 15%, dan 20% berturut-turut sebesar 29.902, 29.818, 29.916. Nilai SPF yang paling optimal ditunjukkan pada variasi konsentrasi 20% krim ekstrak daun mengkudu dengan nilai SPF 29,916 yang termasuk dalam kategori proteksi ultra karena range lebih dari 15.


Keywords


Daun Mengkudu, Tabir Surya, SPF

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 377 times
PDF files downloaded : 76 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v9i2.591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats