Pengaruh Jus Mengkudu Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lanjut Usia dengan Hipertensi di Unit Rehabilitasi Sosial Margo Mukti Rembang

Annik Megawati(1*), Feri Debi Hidayat(2),

(1) 
(2) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Jumlah penderita hipertensi saat ini meningkat dari 31.7% tahun 2009 menjadi 39.2% tahun 2011. Hipertensi dapat menyebabkan komplikasi yang membahayakan jiwa. Manajemen hipertensi perlu diperhatikan baik secara farmakologis maupun non farmakologis. Upaya non farmakologis dapat memanfaatkan bahan yang mudah diperoleh seperti mengkudu. Mengkudu merupakan salah satu tanaman tradisional yang banyak dimanfaatkan untuk terapi pengobatan seperti hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jus mengkudu terhadap penurunan tekanan darah pada lanjut usia dengan hipertensi di Unit Rehabilitasi Sosial Margo Mukti Rembang.

Metode : Desain penelitian ini menggunakan desain pra eksperimen dengan rancangan one-goup pre-post test desain. Populasi dalam penelitian ini adalah penderita hipertensi di Unit Rehabilitasi Sosial Margo Mukti Rembang. Teknik sampling menggunakan consecutive sampling sehingga besar sampel sebanyak 19 responden. Data dikumpulkan menggunakan observasi tekanan darah kemudian dianalisa menggunakan uji Paired Samples Test.

Hasil : Hasil uji Paired Samples Test mendapatkan nilai p = 0,010 maka α < 0,05.

Kesimpulan : Penelitian ini membuktikan adanya pengaruh mengkudu terhadap penurunan tekanan darah pada lanjut usia penderita hipertensi di Unit Rehabilitasi Sosial Margo Mukti Rembang. Diharapkan responden menggunakan pengobatan alternative seperti jus mengkudu secara baik dan tepat sehingga tekanan darah mereka dapat menjadi lebih baik.

Kata kunci : tekanan darah, hipertensi


Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 3716 times
Naskah Full Text files downloaded : 621 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v2i3.66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats