PENGARUH WUDHU TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR REMAJA

Eni Hidayati, Fakih Anwar Zarkasyi

Abstract


ABSTRAK

 

Konsentrasi merupakan memfokuskan pikiran terhadap suatu obyek degan mengosongkan pikiran terhadap semua hal lain yang tidak berhubungan Konsentrasi dalam proses belajar adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk megikuti suatu proses pembelajaran agar semua proses dalam pembelajaran bisa tercapai dan berhasil untuk meningkatkan konsentrasi salah satunya bisa menggunakan wudhu. Mengetahui pengaruh wudhu terhadap peningkatan konsentrasi pada remaja. Metode penelitian yang digunakan quasi eksperiment. Populasi yang akan digunakan yaitu siswa-siswi yang berjumlah 256 siswa. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan jumlah 66 responden terdiri dari kelompok intervensi sebanyak 33 responden dan kelompok kontrol 33 responden. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk diketahui nilai signifikansi (Sig.) 0,00 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal, hasil uji Paired Sampel T Test didapatkan hasil nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada pengaruh wudhu terhadap peningkatan konsentrasi belajat pada remaja dan hasil uji Homogenitas nilai signifikasi Based on Mean adalah sebesar 0,925 >0,05 sehingga bisa disimpulkan bahwa varian data kelas eksperimen dan kontrol adalah sama atau homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh wudhu terhadap peningkatan konsentrasi belajar pada remaja di . pada kelompok intervensi mean rank pre intervensi dari angka 5,52 dan setelah intervensi menjadi 8,12. Hasil Uji Paired Sample T Test diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya ada perbedaan rata-rata tingkat konsentrasi untuk pre test dengan post test pada kelompok intervensi. apat memberikan pengetahuan dan gambaran tingkat daya ingat remaja sekolah dan menjadi sudut pandang dalam membuat kebijakan sebagai strategi coping peningkatan konsentrasi belajar pada remaja.

 

Kata Kunci: Belajar, Konsentrasi, Wudhu


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 49 times
PDF files downloaded : 8 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v10i2.756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats