DAMPAK EDUKASI PANDEMI COVID-19 PADA JEMAAT SMIRNA GKII PAPUA

(1) Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani, Papua
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
COVID-19 adalah infeksi pernafasan yang muncul pertama kali pada Desember 2019 di kota Wuhan, provinsi Hubei, Cina. Gejala utama COVID-19 seperti demam, batuk kering, kelelahan, mialgia, sesak napas, dan dyspnoea. Penularan SARS-CoV-2 dapat terjadi dari manusia ke manusia lain, terutama di antara anggota keluarga dan teman-teman yang berhubungan dekat dengan pasien dengan COVID-19 atau orang yang terinfeksi COVID-19 tetapi tanpa gejala. COVID-19 telah menyebar luas dan dengan cepat, dari kota Wuhan, ke bagian lain dunia dan mengancam kehidupan banyak orang termasuk Indonesia. Edukasi tentang pandemi COVID-19 penting untuk dilakukan, termasuk pada warga Gereja. Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki pengetahuan, sikap dan perilaku warga Jemaat. Penelitian ini dilakukan di Jemaat Smirna GKII Klasis Dofonsolo Kabupaten Jayapura Provinsi Papua, dengan desain cross-sectional dengan teknik sampel purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek pengetahuan, sikap dan perilaku Jemaat menunjukkan hasil yang baik, terdapat perbedaan pada karakteristik pekerjaan untuk aspek pengetahuan dan karakteristik pendidikan untuk aspek sikap. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa anggota Jemaat Smirna GKII Klasis Dofonsolo Kabupaten Jayapura Provinsi Papua memiliki pemahaman yang baik terkait pandemi covid-19 dan menerapkan perubahan pola hidup bersih dan sehat pada masa pandemi.
Kata Kunci: Jemaat GKII Smirna Papua, Pandemi Covid-19, Pengetahuan, Perilaku, Sikap
Full Text:
PDFArticle Metrics


DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v10i2.758
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Indexed by:







Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.