PENGARUH PENGGUNAAN ALLIUM CEPA DAN ALLIUM SATIVUM DALAM MPASI SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN MAKAN PADA ANAK

Annif Munjidah, Elly Dwi Masita

Abstract


ABSTRAK

 

MPASI home made (rumahan) telah banyak dikembangkan sesuai dengan rekomendasi WHO, selain mengandung zat gizi lengkap juga telah menggunakan bumbu dapur, baik itu olahan kukus, rebus, goreng atau tumis. Khazanah rasa pada makanan berkaitan dengan penggunaan racikan bumbu dapur. Bawang merah (allium cepa) dan bawang putih (allium sativum) merupakan bumbu dasar yang sering dipakai pada resep masakan orang dewasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan allium cepa dan allium sativum dalam MPASI sebagai upaya perbaikan makan anak. Metode analitik quasi eksperimental one group pre post test desain. Populasi adalah anak bersusia 6 sampai sebelum 2 (dua) tahun dengan masalah makan (small eater) di Surabaya dan Gresik. Tehnik pengambilna sample dengan Purposive sampling lokasi pengambilan data di Surabaya dan Gresik dan waktu pengumpulan data bulan Maret sampai Mei 2021. Uji analisis menggunakan uji paired t-test didapatkan nilai P = 0,00. Terdapat pengaruh yang signifikan penambahan bawang merah (allium cepa) dan bawang putih (allium sativum) terhadap perbaikan makan anak. Penambahan bumbu dasar bawang merah (allium cepa) dan bawang putih (allium sativum) dapat menambah aroma dan khasanah rasa pada MPASI, diharapkan ibu / pengasuh anak dapat memberikan MPASI dengan dilengkapi bumbu dasar untuk meningkatkan minat anak terhadap konsumsi makanan.

Kata Kunci: MPASI, allium cepa, allium sativum


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 28 times
PDF files downloaded : 3 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v10i2.759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats