HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN UPAYA PERAWATAN KESEHATAN LANJUT USIA HIPERTENSI DIMASA PANDEMI COVID-19

Edy Soesanto

Abstract


ABSTRAK

 

Kejadian hipertensi di dunia diprediksikan akan meningkat setiap tahunnya dan mencapai  29,2% pada tahun 2025. Hipertensi dapat mengancam kesehatan masyarakat khususnya lanjut usia karena mempunyai potensi yang dapat menyebabkan komplikasi seperti stroke, jantung koroner dan gagal ginjal sehingga memerlukan pengobatan secara rutin. Usia lanjut dan hipertensi merupakan salah satu kondisi yang dianggap sebagai komorbid COVID-19, sehingga dapat meningkatkan tingkat keparahan dan kematian pada seseorang. Dukungan keluarga sangat dibutuhkan oleh  penderita hipertensi agar dapat melaksanakan rencana perawatan yang  telah ditetapkan dan mematuhi aturan terapinya khususnya dimasa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya Hubungan Dukungan Keluarga Dengan  Upaya Perawatan Kesehatan Lanjut usia Hipertensi Dimasa Pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Korelasi dengan menggunakan desain Cross Sectional. Jumlah sampel sebanyak 96 responden lanjut usia yang menderita hipertensi di desa Kangkung, Mranggen, Demak, berusia ³ 60 tahun, sedang menjalani terapi anti hipertensi, rutin melakukan pengobatan hipertensi di Puskesmas Mranggen I dan tinggal bersama keluarga. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik proporsional random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji  Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 66 responden (68,75%) telah melakukan upaya perawatan kesehatan dengan baik. Terdapat dukungan keluarga yang baik sebesar 85 responden (88,55 ada hubungan antara dukungan keluarga dengan upaya perawatan kesehatan lanjut usia hipertensi dimasa pandemi COVID-19 dengan nilai p value   sebesar p= 0,048 (p value <0,05). Berdasarkan hasil tersebut diharapkan lanjut usia hipertensi penderita  agar tetap teratur melakukan upaya perawatan kesehatan khususnya kontrol rutin di pelayanan kesehatan meskipun dalam keadaan pandemi COVID-19 dengan memperhatikan protokol kesehatan sehingga dapat mencegah kemungkinan terjadinya komplikasi.   Keluarga   selalu memberikan motivasi dan dukungan kepada lanjut usia hipertensi untuk  selalu melakukan upaya perawatan kesehatan   dan   membantu melakukan kontrol  rutin di pelayanan kesehatan yang ada.

 

Kata kunci: Dukungan keluarga, perawatan, lanjut usia, hipertensi 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 192 times
PDF files downloaded : 126 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v10i2.763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats