Soail Ekonomi dan Pengetahuan dengan Pemanfaatan Pelayanan Pada Era Pandemi Covid-19

Herlinawati Herlinawati, Iin Kristanti, Rokhmatul Hikhmat

Abstract


Penurunan Pemanfaatan pelayanan kesehatan di Puskesmas di era  Covid-19, dimungkinkan terdapat faktor lain seperti kurangnya pengetahuan tentang pelayanan BPJS yang di sediakan di Puskesmas. Berdasarkan survey pendahuluan dari segi jarak letak Puskesmas terjangkau dan fasilitas sarana dan prasasarana sudah memadai, sesuai dengan standar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan sosial ekonomi (tingkat pendidikan, pekerjaan, pendapataan) dan Tingkat Pengetahuan peserta BPJS dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional populasi terdiri dari peserta BPJS di wilayah kerja UPT Puskesmas Pegambiran sejumlah 17.330 jiwa dengan jumlah sampel 100 responden, pengambilan sampel dengan teknik systematic random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner, metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukan 53% responden memiliki tingkat pendidikan  tinggi, 62% statusnya bekerja, 70% kategori pendapatan rendah, 48% memiliki Tingkat Pengetahuan kurang dan 54% memanfaatkan pelayanan kesehatan. Hasil uji chi square menunjukan ada hubungan antara tingkat pendidikan p-value (0,002), pekerjaan p-value (0,013), Tingkat Pengetahuan p-value (0,000)  dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan sedangkan variabel pendapatan tidak berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan p-value (0,148). Penddidikan, pekerjaan dan pengetahuan menentukan perilaku seseorang untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan, sehingga di perlukan upaya untuk meningkatkan pendidikan dan pengetahuan responden.


Keywords


Tingkat pengetahuan, pemanfaatan pelayanan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 25 times
PDF files downloaded : 7 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v11i2.858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats