EKSPLORASI UPAYA BERHENTI MEROKOK PADA REMAJA POTENSI PENGEMBANGAN PROGRAM BERHENTI MEROKOK MELALUI POSYANDU REMAJA DI KAMPUNG PENGOK, KOTA YOGYAKARTA

Septian Emma Dwi Jatmika(1*), Muchsin Maulana(2), Nur Apriliyanti(3),

(1) Public Health Faculty, Universitas Ahmad Dahlan
(2) Public Health Faculty, Universitas Ahmad Dahlan
(3) Public Health Faculty, Universitas Ahmad Dahlan

(*) Corresponding Author

Abstract


Perilaku merokok pada remaja di Yogyakarta masih menjadi masalah Kesehatan masyarakat, salah satunya di Kampung Pengok RW 09, Kota Yogyakarta. Perilaku merokok remaja rentan terhadap penyakit akibat rokok. Sayangnya, pengetahuan perokok remaja di Kampung Pengok tentang manfaat berhenti merokok masih kurang dan itu menjadi salah satu kegagalan mereka saat mencoba berhenti merokok. Oleh karena itu perlu dilakukan kajian untuk menganalisis upaya berhenti merokok pada remaja. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Kampung Pengok RW 09, Kelurahan Demangan, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Informan adalah kader Posyandu remaja. Mereka dipilih menggunakan teknik purposive sampling sebanyak lima informan. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Waktu penelitian dari bulan Juli sampai bulan Oktober 2022. Analisis tematik dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perokok remaja di Kampung Pengok RW 09 telah mengetahui dampak dan bahaya merokok. Mereka melihatnya di bungkus rokok, internet, televisi, bungkus rokok, sharing dengan teman-teman kesehatan, dan sekolah. Namun, sayangnya, mereka tidak merasa rentan terhadap penyakit akibat rokok dan belum memiliki niat yang tinggi untuk berhenti merokok. Mereka pernah mencoba untuk berhenti merokok, namun sayangnya mereka merokok kembali. Menurut mereka, yang menjadi hambatan terberat saat mencoba berhenti merokok adalah lingkungan teman sebaya. Mereka membutuhkan bantuan untuk berhenti merokok. Namun sayangnya, mereka tidak tau harus kemana mencari bantuan untuk berhenti merokok. Kader Posyandu remaja belum memiliki peran untuk membantu remaja berhenti merokok. Oleh karena itu, perlu adanya upaya tindaklanjut di tingkat komunitas untuk membantu perokok remaja berhenti merokok. Upaya pengembangan program berhenti merokok melalui posyandu remaja bisa diinisiasi untuk mengatasi permasalahan perilaku merokok pada remaja.


Keywords


berhenti merokok, remaja, program, posyandu

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 126 times
PDF files downloaded : 55 times

References


Islami LN, H.Aliffin, Majid A. Hubungan Motivasi Dan Dukungan Keluarga Dengan Kesulitan Berhenti Merokok Pada Remaja Di Dusun Ngajaran Desa Karangbinangun Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Kesehat Andalas. 2015;2(1):1–9.

Global Youth Tobaacco Survey. Hari Tanpa Tobbaco Sedunia. GYTS [Internet]. 2020 May 30; Available from: https://www.who.int/indonesia/id/news/detail/30-05-2020-statement-world-no-tobacco-day-2020

Riskesdas. Pengaruh Distres Emosional terhadap Perilaku Merokok Remaja di Indonesia. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat. 2020;12(1):11–9.

Ayunin EN, Handayani S, Arroyyan RD, Deltasari G, Selatan .Pelatihan Peer Educator Berhenti Merokok di Lingkungan Sekolah Menengah Atas Menggunakan Pendekatan E-Learning Model. Jurnal Karinov. 2021;4(2):101–8.

Insani Yunita dkk. Sumber Pembentuk Efikasi Diri Dalam Upaya Berhenti Merokok Di Kota Watampone. Jurnal Penelitian Kesehatan Pelamonia Indonesia. 2018;1(1):31–5.

Suryati. EFEK PANDEMI TERHADAP PERILAKU REMAJA PEROKOK. Jurnal Ilmiah Indonesia. 2022;7(8.5.2017):2003–5.

Kurniawan W. GAMBARAN PROSES BERHENTI MEROKOK PADA MANTAN PECANDU ROKOK YANG DILAKUKAN SECARA MANDIRI. Jurnal Ilmial Indonesia. 2021;6(7):5–24.

Riska Rosita, Dwi Linna Suswardany ZA. Penentu Keberhasilan Berhenti Merokok Pada Mahasiswa. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2012;8(1):1–9.

Sari P, Sary L, Febriani CA. Kesadaran Berhenti Merokok Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Penawar Jaya Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2020. Jurnal Dunia Kesmas. 2021;10(1):96–108.

Arvelia Eka Septa Yanti Y, Suryani K, Safitri A, Anggraini D, Sari A, Pranata L, et al. Persepsi Remaja Yang Berhenti Merokok Dengan Studi Deskritif. 2022;5(1):26–30.

Rohayatun, Saptiko SNYR. Faktor-faktor yang Mendukung dan Menghambat Perokok untuk Berhenti Merokok di Klinik Berhenti Merokok Puskesmas Kampung Bali Pontianak. Jurnal Cerebellum. 2015;1(4):266–76.

Widiansyah M. Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Remaja Perokok Di Desa Sidorejo Kabupaten Penajam Paser Utara. Journal Sosiologi. 2014;2(4):1–12.




DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v11i2.1232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda OneSearch PKP Index Crossref

Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats