EDUKASI MENINGKATKAN LITERASI IBU DALAM MEMBERIKAN MPASI (PEDOMAN BUKU KIA 2020)

Annif Munjidah(1*), Noviyanto Eka Putra(2),

(1) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

(*) Corresponding Author

Abstract


Literasi orang tua memiliki hubungan erat dengan pola pikir dan kepedulian dalam memberikan makanan kepada anak. Hal tersebut berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Masalah kesehatan khususnya status gizi anak akibat kesalahan pemberian MP-ASI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi pemberian MPASI sesuai buku KIA 2020  terhadap literasi Ibu balita di Posyandu Anggrek Merah dan Orange Siwalankerto Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan pra eksperiment, dengan pendekatan One Group Pre Test dan Post Test Design. Populasi sebesar 42 orang. Dengan besar sample sebesar 38 responden dengan tekhnik probability sampling. Variable penelitian ini adalah edukasi MPASI, pengetahuan pada ibu balita. Instrumen yang digunakan lembar leafleat dan kuesioner. Analisa menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test Sebelum dan sesudah pemberian edukasi didapatkan hasil nilai p value sebesar 0,00 dimana nilai tersebut kurang dari (? =0,05) yang berarti terdapat pengaruh edukasi terhadap literasi Ibu dalam memberikan MPASI sesuai Buku KIA 2020.  Edukasi melalui media leaflet berdampak positif meningkatkan literasi ibu balita dalam memberikan MPASI sesuai buku KIA 2020. Pihak posyandu diharapkan bisa memberikan edukasi tentang  pemberian MPASI setiap bulan


Keywords


Pengetahuan, Edukasi.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 282 times
PDF files downloaded : 94 times

References


Y. T. Aprillia, E. S. Mawarni, and S. Agustina, “Pengetahuan Ibu Tentang Makanan Pendamping ASI (MP-ASI),” J. Ilm. Kesehat. Sandi Husada, vol. 9, no. 2, pp. 865–872, 2020, doi: 10.35816/jiskh.v12i2.427.

A. Munjidah and E. Rahayu, “Pengaruh Penerapan Feeding Rules Sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Makan Pada Anak (Picky Eater, Selective Eater Dan Small Eater),” J. Kesehat. Masy., vol. 8, no. 1, pp. 29–35, 2020.

L. M. Pancarani, D. Pramono, and A. Nugraheni, “Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Pada Informasi Mp-Asi Di Buku Kia Dengan Pemberian Mp-Asi Balita Usia 6-24 Bulan,” Diponegoro Med. J. (Jurnal Kedokt. Diponegoro), vol. 6, no. 2, pp. 716–727, 2019.

Dinkes, CAKUPAN ANGKA BAYI KURANG GIZI. Jawa timur, 2017.

Dinkes Surabaya, Profil Kesehatan 2018. Surabaya, 2018.

Y. T. Aprillia, S. Nugraha, and E. S. Mawarni, “Efektifitas Kelas Edukasi Makanan Pendamping Asi ( Mp-Asi ) Dalam Peningkatan Pengetahuan Ibu Bayi,” J. Bid. Ilmu Kesehat., vol. 9, no. 2, pp. 126–133, 2019.

Nursalam, “Buku Metode Siregar,” in Metode Penelitian Ilmu Keperawatan, 2020.

Sufrianto, A. Ellyani, and J. Q. Demmawela, “Penyuluhan Metode Ceramah dapat Meningkatkan Pengetahuan Tentang HIV-AIDS di Desa Kondowa Kabupaten Buton,” J. Kesehat. Masy. Celeb., vol. 01, no. 04, pp. 18–22, 2020.

N. A. Imas Masturoh, Metodologi Penelitian Kesehatan, 1st ed. 2018.

H. Saidah and R. K. Dewi, FEEDING RULE sebagai PEDOMAN PENATALAKSANAAN KESULITAN MAKAN pada BALITA, 1st ed. 2020.

Ayu, MPASI with LOVE, 1st ed. Jaakarta, 2018.

Kemenkes, Buku KIA Kesehatan ibu dan anak (cetakan Tahun 2020). Jakarta: Kementerian Kesehatan dan JICA, 2020.

S. Lestiarini and Y. Sulistyorini, “Perilaku Ibu pada Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) di Kelurahan Pegirian,” J. PROMKES, vol. 8, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.20473/jpk.v8.i1.2020.1-11.

Anifah, “pengetahuan Ibu dan Pola pemberian Makanan Pendamping ASI,” 2020.

Azizah, “Peningkatan Pengetahuan Ibu dalam Pemberian MPASI,” 2020.

R. N. Hidayatullah, R. F. Utami, R. S. Putri, and R. Khasanah, “Perilaku Pemberian Mp-Asi Dini di Kecamatan Babakan Madang , Kabupaten Bogor,” vol. 1, no. 2, pp. 137–144, 2021.




DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v11i3.1342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda OneSearch PKP Index Crossref

Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats