HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN INFORMASI PETUGAS KESEHATAN DENGAN TINDAKAN PENCEGAHAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)

Shintia Wirna(1*), Lily Nursia(2),

(1) Universitas Teuku Umar
(2) Universitas Teuku Umar

(*) Corresponding Author

Abstract


Penyakit DBD merupakan penyakit akibat virus dengue yang tertular dari gigitan nyamuk aedes aegypti, kemudian masuk ke peredaran darah manusia. Kondisi seperti ini bisa hadir di tiap tahun, serta bisa menjangkiti semua kelompok usia.  Sepanjang bulan januari sampai Oktober sudah tercatat sebanyak 55 kasus DBD yang dilaporkan dari pukesmas-pukesmas yang ada di kabupaten Aceh Selatan. Jumlah kasus terbanyak dilaporkan dari UPTD pukesmas Tapaktuan, tercatat dari bulan januari sampai oktober sudah dilaporkan sebanyak 17 kasus. Perihal ini muncul akibat minimnya pengetahuan masyarakat guna melaksanakan pencegahan 3M Plus dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), serta kurangnya penyuluhan dari petugas kesehatan sehingga sebagian besar masyarakat tidak mendapatkan informasi mengenai tindakan untuk mencegah penyakit DBD. Kajian ini bermaksud guna mencari tahu keterkaitan antara pengetahuan maupun informasi petugas kesehatan dengan pencegahan demam berdarah dengue (DBD) di wilayah kerja UPTD Pukesmas Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Kajian ini mempergunakan metode kuantitatif dan berpendekatan cross-sectional. Populasi pada kajian ini, yaitu jumlah hunian di Desa Hilir sejumlah 440 responden dan sampel sejumlah 209 responden. Teknik dalam memperoleh sampel terlaksana dengan random sampling. Analisis data peneliti lakukan secara univariat maupun bivariat dan uji chi-square memperlihatkan tingkat kepercayaan 95%. Hasil kajian menyatakan apabila pengetahuan berhubungan dengan tindakan untuk mencegah DBD dengan p-value 0,000 (p<0,05). Informasi petugas kesehatan berhubungan dengan tindakan pencegahan DBD dengan p-value 0,001 (p<0,05). Tindakan pencegahan DBD sangat penting dilakukan mengingat kepadatan hunian yang sangat tinggi di daearah tersebut serta informasi dari petugas kesehatan belum menyuluruh. Pengetahuan masyarakat dan informasi dari petugas kesehatan sangat berperan aktif untuk mendukung masyarakat selama mencegah  penyakit DBD di Desa Hilir wilayah kerja UPTD Pukesmas Tapaktuan kecamatan Tapaktuan kabupaten Aceh selatan.

Kata Kunci:  Pengetahuan,Informasi Petugas Kesehatan,Tindakan Pencegahan DBD


Keywords


Pengetahuan, Informasi Petugas Kesehatan, Tindakan Pencegahan DBD

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 624 times
PDF files downloaded : 88 times

References


Sagala, Melva. (2021). Hubungan Sanitasi Lingkungan dan Perilaku Masyarakat dengan Kejadian DBD di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Bulan Selayang II Kecamatan Medan Selayang Tahun 2021. Skripsi. Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan.

Zulaikha, Fatma, Nolva Indah Permata, and Abdul Muis. “HUBUNGAN ANTARA KADAR TROMBOSIT DAN KADAR HEMATOKRIT TERHADAP KEJADIAN DEMAM BERDARAH PADA ANAK DI PUKESMAS MANGKURAWANG TENGGARONG.” Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ) 3.2 (2020): 16-21.

Kemenkes RI. 2017. Data dan Informasi Kesehatan Profil Kesehatan Indonesia 2016

WHO. (2019). Maternal mortality key fact. https://www.who.int/news-room/fact-

sheets/detail/maternal-mortality.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Data Kasus Terbaru DBD di Indonesia. In https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20201203/2335899/data-kasus-terbaru dbd-indonesia/.

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20201203/2335899/data-kasus-terbaru dbd-indonesia/

Dinas Kesehatan provinsi Aceh (2022). Musim-pancaroba-dinkes-minta-warga-aceh-waspadai-demam-berdarah.

Dinas Kehatan Kabupaten Aceh Selatan 2022

Widiyaning, Maria Ratih, Syamsulhadi Budi Musthofa, and Bagoes Widjanarko. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Praktik Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) Oleh IBU Rumah Tangga Di Kelurahan Doplang , Purworejo .” Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip) 6.1 (2018) :761-769.

Rini, Willia Novita Eka, and Vinna Rahayu Ningsih. "Upaya Pencegahan DBD Dengan Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik Dalam Mewujudkan Masyarakat Peduli Sehat." Jurnal Salam Sehat Masyarakat (JSSM) 2.1 (2020): 49-55.

Mangindaan, Mia AV, Wulan Pinkan Julia Kaunang and Sekplin AS Sekeon. “Hubungan Perilaku Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue di Desa Watudambo Kecamatan Kauditan.” KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi 7.5 (2018).

Sugiyono (2019). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Suoth, Christina R., Eva M. Mantjoro, and Jeini E. Nelwan. "Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Dengan Tindakan Pencegahan Demam Berdarah Dengue Di Kelurahan Winangun I Kecamatan Malalayang." KESMAS 8.6 (2019).

br Perangin-Angin, Susanti. "Hubungan Faktor Pengetahuan Dan Perilaku Terhadap Lingkungan Dalam Rangka Pencegahan DBD Pada Keluarga Siswa Di SMA Negeri 1 Berastagi Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo Tahun 2017." Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist) 12.3 (2018): 254-262.

Rohmah, Linda, Yulia Susanti, and Dwi Haryanti. "Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat tentang Penyakit Demam Berdarah Dengue." dalam Community of Publishing in Nursing (COPING) 7.1 (2019): 21-30.

Syahrias, Lisastri. "Faktor Perilaku Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kelurahan MANGSANG, KOTA BATAM." Jurnal Dunia Kesmas 7.3 (2018).

Pangestika, Tegar Lyana, et al."Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Jumantik Dalam Sistem Kewaspadaan Dini Demam Berdarah Dengue Di Kelurahan Sendangmulyo." Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip) 5.5 (2017): 1113-1122.

Adnan, Adhytia Bagus, and Sri Siswani. "Peran Kader Jumantik Terhadap Perilaku Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue (Dbd) Di Wilayah Kerja Kelurahan Tebet Timur Tahun 2019." Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS) 3.2 (2019): 204-218.




DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v11i1.1400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda OneSearch PKP Index Crossref

Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats