PENINGKATAN PELAYANAN (ANTENATAL CARE) DI PUSKESMAS X KOTA SEMARANG DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING CYCLE

Nabela Putri Yanuari(1*), Ainun Nadzifatul Amalia Hafidz(2),

(1) Universitas Siber Muhammadiyah
(2) Universitas Diponegoro

(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu upaya menurunkan angka kematian ibu adalah pelayanan antenatal care (ANC). Namun kunjungan pelayanan ANC di Puskesmas X Kota Semarang masih rendah. Oleh karena itu, memerlukan analisis prioritas masalah melalui pendekatan problem solving cycle untuk meningkatkan pelayanan ANC di Puskesmas X Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam dan diskusi dengan pemangku kepentingan. Hasil data kualitatif digunakan untuk mengindentifikasi masalah dengan pendekatan Problem Solving Cycle. Subjek penelitian ini meliputi kepala puskesmas, penanggungjawab pelayanan ANC, pelaksana pelayanan ANC dan ibu hamil sebagai informan triangulasi. Penetapan prioritas masalah menggunakan metode Multiple Criteria Utility Assessment (MCUA). Penentuan prioritas alternatif pemecahan masalah yang akan dilaksanakan dipilih dari salah satu alternatif pemecahan dengan menggunakan metode Analisis Pembiayaan (Cost Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan terkait rendahnya pemanfaatan pelayanan ANC di Puskesmas X Kota Semarang antara lain: belum ada inovasi terkait metode sosialisasi, serta pemasaran ANC; kurang maksimalnya follow-up / monitoring rutin ANC; kurangnya kerjasama dengan kader dan perangkat desa. Prioritas akar penyeba masalah meliputi kurang maksimalnya follow-up / monitoring rutin ANC, kurangnya kerjasama dengan kader dan perangkat desa. Berdasarkan hasil metode MCUA adalah kurang maksimalnya follow-up / monitoring rutin ANC. Setelah dilakukan perhitungan dengan metode Analisis Pembiayaan (Cost Analysis), maka alternatif pemecahan masalah terbaik untuk menyelesaikan prioritas permasalahan kurang maksimalnya follow-up / monitoring rutin ANC adalah membentuk Sistem Monitoring Ibu Hamil (SIMORI). Rekomendasi untuk menyelesaikan prioritas permasalahan kurang maksimalnya follow-up / monitoring rutin ANC adalah membentuk Sistem Monitoring Ibu Hamil (SIMORI) menggunakan aplikasi WhatsApp dalam memonitor ibu hamil terutama pada ibu hamil dengan resiko tinggi.


Keywords


Problem Solving Cycle, Antenatal Care, Ibu Hamil

Full Text:

PDF PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 112 times
PDF files downloaded : 62 times PDF files downloaded : 18 times

References


BAPPENAS. Laporan Pencapaian Tujuan pembangunan Milenium Indonesia. Jakarta: BAPPENAS; 2010.

Kementerian Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2020.

Rianingsih, Nur Siti. Kinerja Petugas Surveilans Kesehatan dalam Penurunan Kasus Kematian Ibu. Higeia Journal Of Public Health Research And Development. 2019. 3(1): 36 – 47.

Kementerian Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2021. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2022.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Semarang: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah; 2022.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 2022. Sanpiisan, Solusi Cegah Kematian Ibu dan Anak di Kota Semarang, Available at: https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/sanpiisan-solusi-cegah-kematian-ibu-dan-anak-di-kota-semarang diakses 1 Agustus 2023

Hasnita, Evi., Nurhayati dan Utami. Analysis of Implementation Continuum of Care Program to child under 5 Years. Jurnal Human Care. 2018; 3(2): 130 – 143.

Solikhatun, Siti. Analisis Pelaksanaan Program Antenatal Care di Puskesmas Purwoyoso Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang; 2016.

Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Rachmawati, A. I., Puspitasari, R. D., & Cania, E. Faktor-faktor yang memengaruhi kunjungan antenatal care (anc) ibu hamil. Jurnal Majority. 2017; 7(1), 72-76.

Susanti NN. Psikologi kehamilan. Jakarta: EGC; 2008.




DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v11i3.1623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda OneSearch PKP Index Crossref

Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats