PENINGKATAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 PADA ANAK USIA DINI MELALUI EDUKASI MEDIA AUDIOVISUAL

Ambarwati Ambarwati(1*), Hirza Ainin Nur(2),

(1) Akademi Keperawatan Krida Husada
(2) Akademi Keperawatan Krida Husada

(*) Corresponding Author

Abstract


Anak usia dini termasuk kelompok beresiko dalam masa pandemi COVID 19 karena belum memahami pencegahan penularan penyakit, oleh karena itu perlu memvisualisasikan perilaku pencegahan penularan COVID -19 khususnya konten video anak yang dilakukan dengan cara menjelaskan prinsip physical distancing, membiasakan anak mencuci tangan lebih sering, mengingatkan anak untuk tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan, memakai masker, segera mandi, cuci rambut dan mengganti baju sesampainya di rumah setelah berpergian, membersihkan benda-benda yang sering disentuh dengan desinfektan secara berkala. Tujuan penelitian ini menganalisa  pengaruh  media edukasi audiovisual terhadap peningkatan perilaku dalam pencegahan penularan COVID-19 pada anak usia dini pada TK/RA di wilayah kerja Puskesmas Bae Kudus yang terdiri dari desa Bae, Purworejo, Gondang Manis, Karang Bener, Peganjaran. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan group pretest and posttest with control dengan sampel pada kelompok perlakuan dan kontrol masing-masing 20 anak. Penelitian di lakukan selama 1 bulan yaitu pada bulan Agustus 2021. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan perilaku pencegahan penularan covid-19 yang pada kelompok intervensi setelah dilakukan perlakuan edukasi pencegahan penularan covid-19 pada anak usia dini melalui media audiovisual dengan p Value=0,000. Pada kelompok kontrol juga mengalami peningkatan dalam perilaku pencegahan penularan covid-19 dengan p Value=0,001 karena pada masa pandemi ini berbagai media melaporkan tentang kasus covid19 sehingga seluruh lapisan masyarakat termasuk orangtua dan guru berusaha mencari sumber informasi untuk pencegahannya.


Keywords


Anak Usia Dini; Audiovisual; Perilaku pencegahan penularan COVID-19.

Full Text:

PDF PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 421 times
PDF files downloaded : 13 times PDF files downloaded : 20 times

References


Kemenkes. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disesase (COVID-19). 5th ed. Jakarta: Kementerian Kesehatan, 2020.

WHO. Global Situation. World Health Organization, https://covid19.who.int (2021).

Kemenkes. Situasi Terkini Perkembangan Novel Coronavirus (COVID-19). Kementrian Kesehatan RI, https://www.kemkes.go.id/index.php (2021).

Jatengprov. Statistik Kasus COVID-19 Jawa Tengah. Propinsi Jawa Tengah, https://corona.jatengprov.go.id/data (2021).

Kuduskab. Data sebaran COVID-19 Kabupaten Kudus. Kabupaten Kudus, website: corona.kuduskab.go.id/Beranda/Index (2021).

IDAI. Panduan Klinis Tata Laksana COVID-19 pada Anak. 2nd ed. Jakarta: IDAI, 2020.

Masyarakat DKKDJK. Panduan Pelayanan Kesehatan Balita Pada Masa Tanggap Darurat COVID-19 Bagi Tenaga Kesehatan. Jakarta: Sub Direktorat Kesehatan Balita dan Anak Prasekolah Direktorat Kesehatan Keluarga Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, 2020.

Z A. Dasar-dasar pendidikan kesehatan masyarakat dan promosi kesehatan. Jakarta: Trans Info Media, 2010.

Dhiyan Krishna Wardhani, MI Retno Susilorini, Lintang Jata Angghita AI. Edukasi Pencegahan Penularan COVID-19 Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Audio Visual. J Abdidas 2020; 1: 131–136.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Dahlan M sopiyudin. Statistik untuk Kedokteran dan kesehatan. Jakarta: Salemba Medika, 2011.

Wong CL. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: EGC, 2009.

Perry P&. Fundamental Keperawatan Konsep, Proses dan Praktik. 4th ed. Jakarta: EGC, 2005.

Mahdalena V, Handayani L. Sosialisasi Gerakan Cuci Tangan dengan Media Audio Visual sebagai Pencegahan Covid-19 di PAUD Srikandi. 2019; 3: 120–129.

Andriani DA, Minarti NMA, Adriana D. Pengaruh pendidikan kesehatan dengan audio visual terhadap perilaku cuci tangan pakai sabun anak pra sekolah 1. COPING NERS; 2.

Dita Prillia Ruby, Yuyun Tafwidhah MNH. PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE AUDIOVISUAL TERHADAP PELAKSANAAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK AL ADABIY KOTA PONTIANAK. J Proners; 1–14.

Zhong, B. L., Luo, W., Li, H. M., Zhang, Q. Q., Liu, X. G., Li, W. T., & Li Y. Knowledge, attitudes, and practices towards COVID-19 among chinese residents during the rapid rise period of the COVID-19 outbreak: A quick online cross-sectional survey. Int J Biol Sci 2020; 16: 1745–1752.

Ganing A, Salim A, Muslimin I, et al. Studi literatur : pengetahuan sebagai salah satu faktor utama pencegahan penularan covid-19. J Kesehat Manarang 2020; 6: 55–60.




DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v9i2.825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda OneSearch PKP Index Crossref

Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats