GAMBARAN STATUS GIZI PADA PASIEN STROKE NON HEMORAGIK DI POLIKLINIK SYARAF RSUD dr. R SOETRASNO REMBANG

Tin Suhandini(1), Heriyanti Widyaningsih(2*), Galia Wardha Alvita(3), Sri Hartini(4),

(1) Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Cendekia Utama Kudus
(2) Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Cendekia Utama Kudus
(3) Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Cendekia Utama Kudus
(4) Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Cendekia Utama Kudus

(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Latar Belakang : Stroke menjadi salah satu masalah kesehatan utama bagi masyarakat. Stroke dapat dibedakan menjadi dua yaitu Stroke Hemoragik dan Stroke Non Hemoragik. Stroke Non Hemoragik adalah stroke yang terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke otak sebagian atau keseluruhan terhenti. Akibatnya, dapat terjadi beberapa kelainan yang berhubungan dengan kemampuan makan pasien yang pada akhirnya berakibat penurunan status gizi. Pada pasien stroke yang lama dirawat dirumah sakit memiliki status gizi yang kurang baik, apabila terjadi disfagia yang berkelanjutan akan semakin mempengaruhi status gizi pada pasien stroke yang juga akan menjadikan rawatan di rumah sakit semakin lama. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan status gizi pada pasien stroke non hemoragik  di Poli Klinik Syaraf  RSUD  dr. R Soetrasno Rembang. Metode : Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 78 responden dengan menggunakan tehnik accidental sampling. Hasil : Hasil penelitian berdasarkan status gizi pasien stroke non hemoragik yaitu sebagian besar responden mempunyai status gizi kurus sebanyak 31 (39,8%) responden, normal sebanyak 26 (33,3%) responden, gemuk sebanyak 21 (26,9%) responden. Simpulan : Hasil diatas dapat disimpulkan bahwa bahwa paling banyak kurus dikarenakan responden penelitian mengalami stroke lebih dari 1 bulan sehingga responden mengalami disfagia yang dapat menyebabkan pola makan turun sehingga berdampak pada status gizi responden.

Kata Kunci : Status Gizi, Stroke Non  Hemoragik


Keywords


Status Gizi; Stroke Non Hemoragik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 2026 times
PDF files downloaded : 301 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v11i2.1115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats