HUBUNGAN DUKUNGAN EMOSIONAL TEMAN SEBAYA DENGAN KONSEP DIRI REMAJA

(1) Universitas Ngudi Waluyo
(2) Prodi S1 Keperawatan, Universitas Ngudi Waluyo
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Konsep diri merupakan konsep dasar mengenai diri sendiri, termasuk pikiran dan opini pribadi, kesadaran akan siapa dirinya, dan bagaimana perbandingan dirinya dengan orang lain, serta idealisme yang telah dikembangkannya. Dukungan emosional teman sebaya dapat mempengaruhi konsep diri remaja. Dukungan yang diterima remaja dari lingkungan teman sebayanya baik berupa dorongan semangat, perhatian, dan kasih sayang, maka individu tersebut cenderung mengembangkan sikap positif terhadap dirinya sendiri lebih menerima dan menghargai dirinya sendiri yang menyebabkan konsep diri remaja menjadi positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan emosional teman sebaya dengan konsep diri remaja SMK Negeri 1 Pringapus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional . Populasi penelitian ini adalah 856 Siswa SMK Negeri 1 Pringapus. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 273 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Alat ukur penelitian ini menggunakan kuesioner yakni kuesioner dukungan emosional teman sebaya dan kuesioner skala Tennessee Self Concept Scale (TSTCS). Uji analisis ini menggunakan uji Kendall tau. Penelitian menunjukkan bahwa dukungan emosional teman sebaya baik (61.95%) dan dukungan emosional teman sebaya sedang (38.1%). Adapun siswa yang memiliki konsep diri positif (89%), sedangkan yang memiliki konsep diri negatif (11%). Hasil uji Kendall tau diperoleh nilai p value 0,000 (?=0,05), yang berarti bahwa ada hubungan dukungan emosional teman sebaya dengan konsep diri remaja. Adapun koefisien korelasi 0.424 menunjukan adanya korelasi yang positif dengan tingkat kekuatan hubungan yang cukup.
Kata kunci : dukungan emosional teman sebaya, konsep diri, remaja
ABSTRACT
Self-concept is the basic concept of oneself, including personal thoughts and opinions, awareness of who one is, and how one compares to others, and the idealism one has developed. Peer emotional support can affect adolescent self-concept. The support that adolescents receive from their peer environment in the form of encouragement, attention, and affection, the individual tends to develop a positive attitude towards himself, is more accepting and appreciative of himself, which causes the adolescent's self-concept to be positive. This study aims to determine the relationship between peer emotional support and self-concept of adolescents at SMK Negeri 1 Pringapus. This research is a quantitative research with a cross sectional approach. The population of this research is 856 students of Pringapus 1 Public Vocational School. The sample in this study were 273 students using the proportional random sampling technique. The measuring tool for this study used a questionnaire, namely a peer emotional support questionnaire and a Tennessee Self Concept Scale (TSTCS) questionnaire. Test this analysis using the Kendall tau test. Research shows that peer emotional support is good (61.95%) and peer emotional support is moderate (38.1%). As for students who have a positive self-concept (89%), while those who have a negative self-concept (11%). The Kendall tau test results obtained a p value of 0.000 (?=0.05), which means that there is a relationship between peer emotional support and adolescent self-concept. The correlation coefficient of 0.424 indicates a positive correlation with a sufficient level of relationship strength.
Keywords : peer emotional support, self-concept, adolescentKeywords
Full Text:
PDFArticle Metrics


DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v12i3.1356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Indexed by:







Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.