KECEMASAN MENGERJAKAN TUGAS KULIAH TERHADAP KUALITAS TIDUR DAN POLA MAKAN MAHASISWA DI ERA PANDEMI COVID-19

Ayu Citra Mayasari(1*), Andra Eka Putri(2), Hidayatus Sya’diyah(3), Sukma Ayu Candra Kirana(4), Diyan Mutyah(5),

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya
(4) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya
(5) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya

(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Kecemasan adalah nama lain yang digunakan untuk menggambarkan perasaan tidak nyaman khawatir dan takut. Kecemasan menggabungkan emosi dan sensasi fisik yang biasa dialami ketika khawatir atau gugup tentang sesuatu, tujuan penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis hubungan kecemasan mengerjakan tugas kuliah dengan kualitas tidur dan pola makan di era pandemi.

Desain penelitian ini analtik korelasi menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel yang diambil dengan teknik random sampling didapatkan 86 mahasiswa STIKES Hang Tuah Surabaya. Variable penelitian ini adalah kecemasan, kualitas tidur, serta pola makan yang masing-masing diukur menggunakan kuesioner dan disebarkan menggunakan google form. data dianalisis menggunakan uji spearman rho dan chi square dengan kemaknaan (? < 0,05).

Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara kecemasan mengerjakan tugas kuliah dengan kualitas tidur  (nilai ? = 0,000) dan tidak ada hubungan antara kecemasan mengerjakan tugas kuliah dengan pola makan (nilai ? = 0,168). Kecemasan mengerjakan tugas kuliah dapat mempengaruhi  kualitas tidur di era pandemi dikarenakan tugas yang lebih banyak dan deadline yang segera dari pada sebelum pandemi. Saran penelitian perlunya mekanisme koping yang adaptif agar mahasiswa tidak mengalami kecemasan mengerjakan tugas kuliah di era pandemi.

Kata kunci : kecemasan, kualitas tidur, pola makan, era pandemi.

 

ABSTRACT

Anxiety is another name used to describe the uncomfortable feeling of worry and fear. Anxiety combines emotions and physical sensations that are commonly experienced when worried or nervous about something, the purpose of this study was to identify and analyze the relationship between anxiety about doing homework and sleep quality and eating patterns in the pandemic era.

The design of this research is analytic correlation using a cross sectional approach. Samples taken by random sampling technique obtained 86 students STIKES Hang Tuah Surabaya. The variables of this study were anxiety, sleep quality, and eating patterns, each of which was measured using a questionnaire and distributed using a google form. data were analyzed using the spearman rho and chi square tests with significance (? < 0.05).

The results showed that there was a relationship between anxiety about doing homework and sleep quality (p value = 0.000) and there was no relationship between anxiety about doing homework and eating patterns (p value = 0.168). Anxiety about doing college assignments can affect sleep quality in the pandemic era due to more assignments and immediate deadlines than before the pandemic. Suggestions for research are the need for adaptive coping mechanisms so that students do not experience anxiety about doing college assignments in the pandemic era.

Keywords: anxiety, sleep quality, diet, pandemic era.

Keywords


anxiety; sleep quality; diet

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 391 times
PDF files downloaded : 87 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v12i1.1421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats