Prosentase Pelaksanaan Obat Antibiotik Oral Sesuai dengan Formularium Rumah Sakit Pada Pasien BPJS Rawat Jalan di RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus

Vera Mulia Sari(1*), Yulia Pratiwi(2),

(1) 
(2) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Intensitas penggunaan obat antibiotik yang relatif tinggi dapat menimbulkan berbagai permasalahan dan merupakan ancaman global bagi kesehatan terutama resistensi bakteri terhadap antibiotik. Pada awalnya resistensi terjadi di tingkat rumah sakit, tetapi lambat laun juga berkembang dilingkungan masyarakat, dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayanan di rumah sakit Formularium merupakan sarana yang kuat untuk meningkatkan kualitas dan mengawasi biaya obat yang dipergunakan untuk pengobatan di Rumah Sakit. Salah satu dampak dari pemanfaatan Formularium yang belum optimal akan menimbulkan kerugian pada rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini untukmengetahui pelaksanaan pelayanan obat antibiotik sesuai dengan Formularium Rumah Sakit pada pasien BPJS rawat jalan di RSUD dr. Leokmono Hadi Kudus periode maret 2016. Desain penelitian ini deskripsi kuantitatif, pengambilan data retrospektif dengan total sampling. Populasi dan sampel adalah data resep pasien BPJS rawat jalan bulan maret 2016.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peresepan antibiotik oral yang sesuai dengan Formularium Rumah Sakit sebanyak 1139 resep, dengan persentse 98,70%, peresepan antibiotik oral yang tidak sesuai sebesar 15 resep dengan persentase sebanyak 1,30% dari 1154 resep yang masuk selama bulan maret 2016, didukung data peresepan obat antibiotik oral 100% dengan nama generik dan penggunaan antibiotik terbanyak adalah golongan beta laktam dengan persentase sebesar  61,80%, antibiotik lain sebanyak 38,20% dari 1157 ratio penulisan antibiotik. Dari data tersebut dapat disimpulkan peresepan antibiotik oral yang sesuai dengan Formularium Rumah Sakit dengan persentase sebanyak 98,70%, dan hasil peresepan antibiotik oral yang tidak sesuai dengan persentase sebanyak 1,30% dari 1154 resep antibiotik oral yang masuk selama bulan maret 2016.

Kata Kunci: Antibiotik, Oral, Formularium Rumah Sakit, Rawat jalan.

Full Text:

Naskah Fulltext

Article Metrics

Abstract viewed : 1258 times
Naskah Fulltext files downloaded : 1004 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v1i5.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats