Upaya Menekan Angka Kematian Penderita HIV/AIDS Melalui Manajemen Infeksi Oportunistik di Kabupaten Jepara

Andy Sofyan Prasetyo(1*),

(1) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : HIV/AIDS merupakan sindroma penurunan kekebalan tubuh yang terjadi pada seseorang yang terinfeksi HIV. Angka kejadian HIV/AIDS di jawa tengah cenderung meningkat, pada tahun 2013 penemuan kejadian baru AIDS 1045 kasus dan 993 kasus untuk HIV. Begitu juga angka kematian karena HIV/AIDS cederung meningkat, pada tahun 2013 menempati angka tertinggi pada 5 tahun terakhir yaitu 159 kematian. Adanya penurunan kekebalan pada tubuh penderita HIV/AIDS menjadikan penderita lebih rentan terhadap infeksi oportunistik, sehingga pada penderita HIV/AIDS, selain penatalaksanaan ARV tetapi perlu adanya penatalaksanaan infeksi oportunistik.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan manajemen infeksi oportunistik pada penderita HIV/AIDS.

Metode : Desain penelitian menggunakan korelasional pendekatan cross sectional, teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 154, Analisis statistik menggunakan chi square.

Hasil : Penelitian ini mendapatkan hasil infeksi oportunistik pada penderita HIV/AIDS.

Rekomendasi: penelitian ini merekomendasikan untuk meningkatkan pengetahuan penderita HIV/AIDS dan melibatkan keluarga dalam penatalaksanaan HIV/AIDS dan infeksi oportunistik sehingga angka kematian penderita HIV/AIDS dapat ditekan.

Kata kunci : analisis faktor, Manajemen infeksi oportunistik, HIV/AIDS

Full Text:

Naskah Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 1286 times
Naskah Full Text files downloaded : 164 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v1i3.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats