TINGKAT KEPUASAN PEMASANGAN DAN KENDALA PEMAKAIAN PENGGUNA KB IUD PASCA SALIN

Devi Permata Sari(1*), Ivanna Beru Brahmana(2), Inayati Inayati(3), Ana Majdwati(4),

(1) Stikes Muhamamdiyah Klaten
(2) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

(*) Corresponding Author

Abstract


Intra Uterine Device (IUD) merupakan alat kontrasepsi dalam rahim yang waktu pemasangannya bisa dilakukan paska persalinan dan interval. Intra Uterine Device paska persalinan (IUDPP) merupakan metode pemasangan atau insersi IUD segera setelah plasenta lahir, yang biasanya dilakukan 10 menit paska pelepasan plasenta. Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat kepuasan pemasangan dan kendala pemakaian pengguna KB IUD Pasca Salin. Penelitian ini menggunakan design observasional analitik, pendekatan cross sectional study dari data rekam medis pasien di RSIA ‘Aisyiyah Klaten yang mendapat IUDPP. Sampel yang digunakan adalah 82 presponden. Hasil Penelitian menunjukkan. kendala penggunaan KB IUD PP mayoritas adalah pada haid tidak teratur yaitu sejumlah 44 responden (53.6%). Sedangkan untuk kendala seksual dan nyeri kepala, kelamahan merupakan kendala minoritas pada responden pengguna KB IUD PP yaitu sejumlah 5 responden (6.1%). kepuasan pemasangan KB IUD PP mayoritas adalah pada menandatangai inform consent tanpa paksaan yaitu sejumlah 82 responden (100%). Sedangkan mayoritas responden mearasa tdak puas pada aspek aman dan nyaman selama pemasangan responden pengguna KB IUD PP yaitu sejumlah 17 responden (20.8%).

Keywords


IUDPP, Tingkat Kepuasan, Kendala Pemasangan IUDPP

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 1481 times
PDF files downloaded : 168 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v9i2.592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats