ALAT PERMAINAN EDUKATIF LEGO MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH

Tunggul Sri Agus Setyaningsih(1*), Hesti Wahyuni(2),

(1) Akademi Keperawatan RS Dustira Cimahi
(2) Akademi Keperawatan RS Dustira Cimahi

(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Proses tumbuh kembang kemampuan motorik halus dapat terlihat melalui berbagai gerakan dan permainan yang dilakukan anak.   Stimulasi yang sangat tepat dan menyenangkan bagi anak untuk meningkatkan dan memicu kemampuan motorik halus dapat dilakukan menggunakan permainan edukatif. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh penggunaan alat permainan edukatif terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, desain quasi eksperimental one group pre test–post test. Teknik yang digunakan purposive sampling.  Instrumen yang digunakan yaitu Alat Permainan Edukatif (APE) Lego dan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon nilai p= 0,000 (nilai signifikan p-value < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan ada pengaruh alat permainan edukatif terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di TK At-Taqwa Cimahi, selanjutnya disarankan untuk dapat memberikan permainan edukatif untuk menstimulasi aspek  perkembangan anak.

 

Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif, Anak Usia Prasekolah, Perkembangan Motorik Halus, Lego

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 1423 times
PDF files downloaded : 240 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v10i2.757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Indexed by:

Indonesian Publication Index (IPI) Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) Google Scholar Garuda Ristekdikti OneSearch PKP Index CrossRef

Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

View My Stats