PENGARUH EDUKASI PROTOKOL KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 DI PONDOK PESANTREN APIK (Asrama Perguruan Islam) KALIKONDANG

(1) Mahasiswa Universitas Widya Husada Semarang
(2) Universitas Widya Husada Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Corona Virus Disease (COVID-19) merupakan virus yang mengganggu sistem pernafasan manusia dengan manifestasi ringan maupun berat tergantung dari prognosis penyakit yang diderita oleh penderita. Virus ini meyebar melalui droplet dan sentuhan barang oleh penderita. Kasus penyebarannya semakin hari semakin meningkat hingga menyebabkan kematian apabila tidak ditangani dengan segera. Tindakan yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus ini dengan penerapan edukasi protokol kesehatan 5(M) guna meningkatkan pengetahuan dan perilaku santri. Penelitina ini berujuan untuk engetahui pengaruh edukasi protokol kesehatan terhadap pengetahuan dan perilaku pencegahan COVID-19 di pondok pesantren APIK (Asrama Perguruan Islam) Kalikondang sebelum dan sesudah diberikan edukasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Perlakuan dengan menggunakan media booklet. Sampel pada penelitian ini sebanyak 36. Analisis data bivariat mengunakan uji beda Wilxocon. Apakah ada pengaruh edukasi protokol kesehatan terhadap pengetahuan dan perilaku pencegahan COVID-19 di pondok pesantren APIK (Asrama Perguruan Islam) Kalikondang sbelum dan sesudah diberikan edukasi. Diharapkan santri senantiasa menerapkan protokol kesehatan (5M) guna mencegah rantai penyebaran vius ini.
Kata kunci : COVID-19, 5M, Pengetahuan, PerilakuFull Text:
PDFArticle Metrics


DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v11i3.992
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Indexed by:







Copyright of Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama. ISSN: 2252-8865 (Print) dan 2598-4217 (Online).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.