PENERAPAN TERAPI SPIRITUAL EMOSIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) UNTUK MENURUNKAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA : STUDI LITERATUR

Vera Fitriana(1*), Luluk Cahyanti(2), Alvi Ratna Yuliana(3), Ulfin Nurjannah(4),

(1) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(2) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(3) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(4) ITEKES Cendekia Utama Kudus

(*) Corresponding Author

Abstract


Hipertensi merupakan salah satu penyakit gaya hidup kurang sehat yang paling umum terjadi. Hipertensi menjadi masalah kesehatan masyarakat utama di Indonesia dunia karena frekuensi  yang  tinggi dan berisiko. Penatalaksanaan hipertensi secara umum dengan menggunakan terapi farmakalogis dan nonfarmakologis. Pengobatan hipertensi farmakologi dengan menggunakan obat-obat anti hipertensi sering digunakan sebagai terapi dibandingkan pengobatan non farmakologi. Pengobatan non farmakologi salah satunya yaitu dengan terapi Spiritual Emosional Freedom Technique (SEFT) untuk menurunkan tekanan darah dimana terapi ini merupakan salah satu bentuk terpai pikiran tubuh yang berkembang dari terapi komplementer dan alternatif. Studi literatur ini untuk mengetahui penerapan Spiritual Emosional Freedom technique (SEFT) untuk menurunkan tekanan darah pada lansia. Metode dalam penulisan studi literatur ini dengan cara mencari beberapa jurnal penelitian yang dipublikasikan melalui data base elektronik. Data base yang digunakan adalah google cendekia. Pencarian jurnal dilakukan dengan mengumpulkan tema keperawatan holistik. Tahun penerbitan jurnal yang digunakan untuk dilakukan studi literatur  adalah tahun 2012 sampai tahun 2021. Hasil dari 5 literartur jurnal yang didapatkan bahwa ada pengaruh terapi Spiritual Emosional Freedom Technique (SEFT) dalam menurunkan tekanan darah pada lansia hipertensi. Kesimpulan yang didapatkan adalah adanya pengaruh terapi Spiritual Emosional Freedom Technique (SEFT) untuk menurukan tekanan darah pada lansia.Diharapkan terapi SEFT  ini dapat dijadikan alternative untuk menurunkan hipertensi pada lansia

Keywords


Terapi Spiritual Emosional Freedom Technique (SEFT); lanjut usia(lansia); hipertensi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 485 times
PDF files downloaded : 81 times

References


Tarigan AR, Lubis Z, Syarifah S. Pengaruh Pengetahuan, Sikap Dan Dukungan Keluarga Terhadap Diet Hipertensi Di Desa Hulu Kecamatan Pancur Batu Tahun 2016. J Kesehat. 2018;11(1):9–17.

Lismayanti, Lilis: Pamela N. Efektifitas Spiritual Emotional Freedom Therapy (SEFT) dalam menurunkan tekanan darah pada lansia diatas 65 tahun yang mengalami hipertensi. 2018;(April):64–7.

Isworo A, Anam A, Indrawati N. Pengaruh Terapi Seft (Spiritual Emotional Freedom Technique) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Wilahah Puskesmas Tahunan. Gaster. 2019;17(2):154–66.

Aditya, R., & Khoiriyah K. Aplikasi Terapi Pijat Refleksi Kaki terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Holist Nurs Care Approach. 2021;1(1):3.

Kementerian Kesehatan RI. Hipertensi Si Pembunuh Senyap. 2019.

Wade Carlson. face book on hipertensi (High Blood Pressure) and your Diet. Keats Pub true. 4 p.

Huda S, Alvita GW. Pengaruh Terapi Seft (Spiritual Emotional Freedom Technique) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Wilahah Puskesmas Tahunan. J Keperawatan dan Kesehat Masy Cendekia Utama. 2018;7(2):114.

Maswarni & H. Keberhasilan Terapi Spritual Emotional Freedom Technique (Seft) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Di Desa Pandau Jaya Kec.Siak Hulu Kab.Kampar. Keperawatan Abdurrab. 2020;4(1):54–59.

Rachmanto TA, Pohan VY. Terapi spiritual emotional freedom technique (SEFT) terhadap tekanan darah pada lansia hipertensi. Ners Muda. 2021;2(3):100.

Zakiyyah M. Pengaruh Terapi Spiritual Emosional Freedom Technique (SEFT) Terhadap Penanganan Nyeri Dismenorea. 2013;1(1):66–71.

Kurnia V, Pauzi M, Ramadanti T, Gusmiati R, Durratuzzahro S, Fitri. Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) terhadap Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi. Keperawatan Holistik. 2023;7(1):28–36.




DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v11i1.1455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda OneSearch PKP Index Crossref

Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats