PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT PARU DUNGUS MADIUN

Sugeng Harijanto(1*),

(1) STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun

(*) Corresponding Author

Abstract


Ada dua faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan yaitu expected service dan perceived service. Apabila pelayanan yang diterima atau dirasakan  sesuai dengan  yang diharapkan, maka kualitas pelayanan dipersepsikan baik dan memuaskan. Sebaliknya bila pelayanan yang diterima lebih rendah daripada harapan pelanggan, maka kualitas pelayanan dipersepsikan buruk.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Paru Dungus Madiun Tahun 2016. Penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang ada di instalasi farmasi rumah sakit paru dungus madiun. Besar sampel yaitu 92 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner.Teknik sampling menggunakan metode accidental sampling.Uji statistik menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan baik (41.3%) dan tidak baik (58.7%). Kepuasan pasien  puas (42.4%) dan tidak puas (57.6%). Hasil analisa bivariat ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien dengan nilai sig (p) 0,048 yang berarti < (α) 0,05 maka Ho di tolak dan H1 diterima. Dengan keeratan hubungan sebesar 0,222 yang berarti lemah. Disarankan bagi instalasi farmasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih optimal agar tercapai nilai kepuasan pasien yang maksimal. Jika kualitas pelayanan ditingkatkan maka kepuasan pasien juga akan ikut meningkat.

 

Kata Kunci     : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 2693 times
PDF files downloaded : 387 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v6i1.246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda OneSearch PKP Index Crossref

Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats