ANALISIS PENYEBAB PENDING KLAIM RAWAT JALAN BPJS KESEHATAN DI RSGM UGM PROF. SOEDOMO

(1) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
(2) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
(3) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
(4) RSGM UGM Prof. Soedomo
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal, salah satunya melalui ketersediaan fasilitas kesehatan. Fasilitas kesehatan yang tersedia bisa berupa rumah sakit, klinik, asuransi kesehatan, dan lain – lain. Sejak Januari 2014, Indonesia memiliki asuransi kesehatan nasional berupa program JKN melalui BPJS. Pembayaran program JKN di rumah sakit dilakukan dengan sistem klaim. Dalam proses pengajuan klaim terdapat tahap verifikasi oleh BPJS Kesehatan. Hasil verifikasi pending menimbulkan potensi gangguan arus kas rumah sakit dan dapat mengakibatkan adanya potensi penumpukan berkas yang akan diajukan pada bulan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran, mengidentifikasi penyebab pending klaim berdasarkan faktor eksternal dan faktor internal, serta mengevaluasi upaya manajemen klaim yang dilakukan berdasarkan POAC. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif rancangan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bulan Februari 2024 terdapat kasus pending terbanyak. Penyebab pending berdasarkan faktor eksternal adalah adanya perbedaan persepsi antara koder dengan verifikator BPJS. Sedangkan penyebab pending klaim dari faktor internal berupa man, material, dan method. Kondisi tersebut dapat diminimalisir dengan upaya manajemen klaim melalui penerapan fungsi manajemen yang optimal seperti planning, organizing, actuating, dan controlling. Kesimpulan dari penelitian ini alur pengajuan klaim BPJS pasien rawat jalan sudah sesuai dengan peraturan, penyebab pending klaim dari faktor eksternal yaitu adanya perbedaan persepsi antara petugas koding dengan verifikator BPJS, sedangkan dari faktor internal berupa man, material, dan method. Upaya manajemen klaim berdasarkan POAC sudah berjalan dengan baik dan matang.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics


References
Menkes RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta: Kemenkes RI.
Menkes RI. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis. Jakarta: Kemenkes RI.
Cochran, Christine. (2013). Handling the Medical Claim. Edisi 1. New York: Productivity Press.
Nuraini, N., et. al. (2019). Optimalisasi Manajemen Penanganan Klaim Pending Pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Citra Husada Jember Tahun 2018. Jurnal Kesmas Indonesia, Volume 11, Nomor 1, 24-35.
Kusumawati, A. N. & Pujianto. (2019). Analisis Kineassea Dokter Verifikator Internal dalam Menurunkan Angka Klaim Pending di RSUD Koja Tahun 2018. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 6(1), 1–10.
Valentina & Halawa, M.N.S. (2019). Analisis Penyebab Unclaimed Berkas BPJS Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia (RSU IPI) Medan. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 3(2), 480–485. https://doi.org/10.52943/jipiki.v3i2.66.
Supriyadi & Rosania, Syifa. (2019). Tinjauan Berkas Klaim Tertunda Pasien JKN Rumah Sakit Hermina Ciputat 2018. Jurnal Vokasi Indonesia, 7(2), 19–26. https://doi.org/10.7454/jvi.v7i2.145.
Artanto, Antonius. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Klaim Tertunda BPJS Kesehatan RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Periode Januari - Maret 2016. Jurnal Administrasi Rumah Sakit, 4(2), 122-134.
Arikusnadi, N. W., et. al. (2020). Studi Penyebab Pengembalian Berkas Klaim BPJS Kesehatan di Rumkit Bhayangkara Palu. Jurnal Kolaboratif Sains, 3(4), 159-165.
Bella, C. R. & Budiyanti, S. A. (2025). Analisis Kelengkapan Pengisian Laporan Operasi pada Rekam Medis Pasien Bedah Saraf di Rumah Sakit X Bandung. Jurnal Kesehatan Tambusai, 6(1), 3555 – 3564.
Prayoga, D. D., & Fahlepi, R. (2021). Tinjauan Kelengkapan Pengisian Laporan Operasi Kasus Eksisi di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru Tahun 2020. Jurnal Rekam Medis (Medical Record Journal) Jurnal Rekam Medis (Medical Record Journal.
Hatta, G. R. (2013). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta: UI-Press.
Tambunan, Rudi M. (2013). Pedoman Penyusunan Standard Operating Procedures (SOP). Jakarta: Maiestas Publishing.
Nurindriani, A. & Prakoso, A. A. (2021). Penerapan Pola Managemen Planning Organizing Actuating Controlling di KB Bina Prestasi Penusupan Tegal. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 164.
Mohi, W. K., dkk. (2020). “Implementasi Poac Fungsi Manajemen Pada Administrasi Keuangan Di Kantor Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato”. BALANCE : Economic, Business, Management, and Accounting Journal, Vol. XVII No. 2.
Siregar, Edison. (2021). Pengantar Manajemen & Bisnis. Bandung: Widina.
Hamdi. (2020). Penerapan Fungsi Manajemen Pada Kantor Kelurahan Rantau Kiwa Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin. JIEB: JURNAL EKONOMI BISNIS, jilid 6, Nomor 2, 155-163.
Torang. (2015). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Dakhi, Yohannes. (2016). Implementasi POAC Terhadap Kegiatan Organisasi Dalam Mencapai Tujuan Tertentu. Jurnal Warta, ed. 50.
DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v13i2.2712
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Indexed by:





Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats