PELAKSANAAN KELAS PASUTRI BERBASIS E-BOOK TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PASUTRI BERKAITAN PERAWATAN KEHAMILAN

Luluk Hidayah(1*), Yayuk Norazizah(2),

(1) Akademi Kebidanan Islam Al Hikmah Jepara
(2) Akademi Kebidanan Islam Al Hikmah Jepara

(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu keadaan yang dapat menyebabkan kondisi ibu hamil tidak sehat antara lain sebanyak 54,2 per 1000  perempuan di bawah usia 20 tahun telah melahirkan.Suami memainkan peran utama dalam perawatan kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelaksanaan kelas pasutri berbasis e-book terhadap pengetahuan dan sikap pasutri berkaitan perawatan kehamilan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi Experiment Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah pasangan suami istri (pasutri) yang menikah usia dini (16-19 tahun) di KUA kecamatan Welahan Kabupaten Jepara pada bulan Februari – Mei 2019. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 Pasutri yang sesuai kriteria inklusi. Sampel terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok eksperiment (mendapat intervensi pelaksanaan kelas pasutri) berjumlah 16 Pasutri dan kelompok kontrol (tidak mendapat intervensi pelaksanaan kelas pasutri) berjumlah 16 Pasutri.Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pelaksanaan kelas pasutri berbasis e-book terhadap pengetahuan dan sikap pasutri berkaitan perawatan kehamilan (nilai p=0,000< 0,05). Hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan kelas pasutri berbasis e-book sangat efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pasutri berkaitan perawatan kehamilan.

 

Kata kunci: Kelas Pasutri, e-book, Pengetahuan, Sikap, Perawatan Kehamilan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 436 times
PDF files downloaded : 69 times

DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v7i1.378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda OneSearch PKP Index Crossref

Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats