ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL BIDANG KESEHATAN DI PUSKESMAS GUNTUR I KABUPATEN DEMAK

Mat Zudi(1*), Antono Suryoputro(2), Septo Pawelas Arso(3),

(1) Universitas Diponegoro
(2) Universitas Diponegoro
(3) Univesitas Diponegoro

(*) Corresponding Author

Abstract


Pelayanan kesehatan di Kabupaten Demak telah menerapkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan, Puskesmas Guntur I merupakan salah satu unit pelayanan Kesehatan masyarakat yang menerapkan 12 indikator dalam pelayanan dasar tersebut. Target yang ditetapkan didalamnya adalah 100% untuk setiap indikator pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, masih terdapat beberapa pelayanan di Puskesmas Guntur I yang belum memenuhi standar yang ditetapkan oleh SPM bidang Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan SPM di Puskesmas Guntur I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara indepth interview. Informasi dikumpulkan dari 5 informan yang terkait dalam pelaksanaan SPM terdiri dari informan utama dan informan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 indikator pelayanan yang belum memenuhi target SPM, yaitu pelayanan kesehatan ibu hamil, pelayanan kesehatan balita, pelayanan kesehatan pada usia lanjut, pelayanan Kesehatan penderita diabetes mellitus, pelayanan kesehatan penderita hipertensi, pelayanan kesehatan orang terduga tuberkulosis, serta pelayanan kesehatan orang berisiko HIV. Beberapa faktor yang menghambat laju target SPM diantaranya kuantitas dan kualitas sumber daya manusia yang kurang maksimal, wilayah demografi yang luas juga berpengaruh terhadap sarana dan prasarana yang dibutuhkan, budaya dan kesadaran masyarakat sebagai faktor eksternal, serta manajemen monitoring dan evaluasi yang kurang optimal.

Keywords


Implementasi, Standar Pelayanan Minimal, SPM

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 6120 times
PDF files downloaded : 1820 times

References


Irenius Siriyei RDW. Faktor Determinana Rendahnya Pencapaian Cakupan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Puskesmas Mojo Kota Surabaya. J Adm Kesehat Indones. 2013;1(3):244–51.

Kementrian Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Indonesia; 2019.

Dinas Kesehatan Jateng. Pencapaian SPM Bidang Kesehatan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa tengah. 2016.

Dinas Kesehatan Demak. Laporan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Kabupaten Demak Tahun 2017. 2017.

Dinas Kesehatan Demak. Profil Kesehatan Kabupaten Demak Tahun 2018. 2019.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2012.

Creswell JW. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles United State of Amerika: SAGE Publications Inc; 2014.

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Indonesia; 2014.

Maulina I. Pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai BPJS Ketenagakerjaan cabang Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau; 2019.

Mulyani. Tim Virtual dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Kerjasama dalam Tim Virtual. Bul bisnis dan manajeman. 2016;02(02):1–16.

Usman. ANALISIS KINERJA TENAGA KESEHATAN PADA PUSKESMAS LAPADDE KOTA PAREPARE Performance Analysis of Health Community in Health Centers Lapadde Parepare City. MKMI. 2016;12(1):21–8.

Tarigan CG, Nasution MA. Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT . PLN Cabang Binjai. J Ilmu Adm Publik. 2014;2(2):146–53.

Triasmoko D. PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Penelitian pada Karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Kediri). J Adm Bisnis S1 Univ Brawijaya. 2014;12(1):82871.

Simamora H. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 3. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN; 2004.

Kurniawansyah S. I., Sopyan I. MRS. Upaya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat melalui pelatihan kader kesehatan tentang detksi dini tuberkulosis paru di Desa Jayamukti dan Desa Cigadong Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya. J Apl Ipteks untuk Masy. 2018;7(4):265–8.




DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v8i2.681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda OneSearch PKP Index Crossref

Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats