UPAYA MENINGKATKAN CAPAIAN AKREDITASI PUSKESMAS DI WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN KABUPATEN ROKAN HULU
(1) STIKes Hang Tuah Pekanbaru
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Pelayanan kesehatan Puskesmas memerlukan pembinaan dan penilaian yang terus menurus secara berkesinambungan. Dalam memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu kepada masyarakat di wilayah kerjanya, sejak tahun 2015 Direktorat Mutu dan Akreditasi, Pelayanan kesehatan primer sudah mengeluarkan program akreditasi Puskesmas. Tujan penelitian ini adalah Untuk mengetahui upaya Dinas Kesehatan Rokan Hulu untuk meningkatkan capaian akreditasi Puskesmas. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan desain Rapid Assesment Procedure. Penelitian dilakukan di Dinas Kesehatan Rokan Hulu. Data didapatkan dari melakukan wawancara mendalam dan telaah dokumen. Informan pada penelitian ini adalah Kepala Bidang dan Kepala Seksi di Bidang Pelayanan Kesehatan. Penentuan masalah prioritas dengan teknik USG, penentuan penyebab masalah dengan teknik fish bone analysis, penentuan penyebab dominan dengan teknik CARL, penentuan alternatif prioritas dengan teknik MEER. Hasil penelitian menemukan yang menjadi masalah prioritas adalah masih banyaknya Puskesmas yang terakreditasi dasar. Penyebab dominan masalah adalah manajemen waktu yang sulit untuk pembinaan dan pengawasan. Alternatif prioritas pemecahan masalah adalah dengan membuat jadwal pembinaan dan pengawasan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guna optimalnya upaya Dinas Kesehatan Rokan Hulu untuk meningkatkan capaian akreditasi Puskesmas di wilayah kerjanya adalah dengan membuat jadwal pembinaan dan pengawasan terkait proses akreditasi pada puskesmas yang akan melakukan penilaian reakreditasi.
Kata Kunci : Akreditasi, Pemecahan masalah, Puskesmas
ABSTRACT
The health services of Public Health Centers require continuous guidance and assessment on an ongoing basis.In providing comprehensive and quality health services to the community in their working areas, since 2015 the Directorate of Quality and Accreditation, Basic Health Service has issued a Public Health Centers accreditation program.The purpose of this study was to determine the efforts of the RokanHulu Health Office in increasing the achievement of Public Health Centers accreditation.The research method used is a qualitative method with a Rapid Assessment Procedure design. The research was conducted at the RokanHulu Health Office.Data obtained from conducting in-depth interviews and document review. Informants in this study were Head of Section and Head of Section in Health Services.Determine the priority of the problem using the USG technique, determine the cause of the problem using the fishbone analysis technique, determine the dominant cause using the CARL technique, determine the priority alternative using the MEER technique. The results of the study found that the problem that became a priority was that there were still many primary accredited health centers.The dominant cause of the problem is the difficulty of time management for coaching and supervision. Alternative problem-solving priority is to make a schedule of coaching and supervision.This study concludes that the optimal use of the efforts of the RokanHulu Health Office to improve the achievement of Public Health Centers accreditation in its working area is to make a schedule of guidance and supervision related to the accreditation process at the Public Health Centers which will conduct a reaccreditation assessment.
Keywords :Accreditation, Problem solving, Public Health centers
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract viewed : 1103 timesPDF files downloaded : 573 times
References
Junaidar J, Hidayat M, Rani HA, Yussar MO. Hubungan capaian program gizi dengan tingkat akreditasi puskesmas di Aceh. AcTion Aceh Nutr J. 2020;5(2):105–10.
Ulumiyah NH. Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas. J Adm Kesehat Indones. 2018;6(2):149–55.
Reganata GP, Wirajaya MKM. Akreditasi Puskesmas Sebagai Intervening Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien. Bali Heal J. 2020;4(2):89–97.
Prapitasari R, Jalilah NH. Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata; 2020.
Siswantoro H, Siswoyo H, Nurhayati N, Tie D, Afrilia AR, Harso AD, et al. Pengembangan Indeks Mutu Pelayanan Kesehatan Puskesmas. Media Penelit dan Pengemb Kesehat. 2019;29(3):269–84.
Nurjannah I, Trisna P, Raharjo BB. Status Akreditasi Puskesmas dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Higeia J Public Heal Res Dev. 2019;3(2):324–36.
Yewen MR, Korompis GEC, Kolibu FK, Kesehatan F, Universitas M, Ratulangi S. Hubungan Antara Status Akreditasi Puskesmas Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Kota Sorong Provinsi Papua Barat. J Kesmas. 2018;7(5).
Kementerian Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2016 Tentang Pedoman Manajemen Puskesmas. Kementerian Kesehatan RI. Indonesia; 2016.
Kementerian Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2015 Tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi. Kementerian Kesehatan RI. Indonesia; 2015.
Priatna DK, Limakrisna N. Buku Referensi Intellecual Capital Management. Yogyakarta: Deepublish; 2021.
Halim MR, Mattalatta S. Pengaruh Penerapan Manajemen Waktu Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Pangkep. J Manag Bus. 2019;2(2):182–8.
Julianto V, Saad I, Sukma S. Pengaruh Manajemen Waktu Penyelesaian Pekerjaan dan Mutu Pekerjaan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Wijaya Karya (PERSERO), Tbk. J Adm Dan Manaj. 2019;9(1):21–8.
Saehu AA. Pengaruh Pembinaan Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai. J Manag Rev. 2018;2(3):238–41.
Darmasanthi NK sri, Sudiyani NN. Pengaruh Pembinaan, Pelatihan kerja Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Sosial Pemberdayaan perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Tabanan. J Manaj dan Bisnis Equlibrium. 2020;6(2):212–25.
DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v10i1.1015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Indexed by:
Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats