FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PERSALINAN JAMPERSAL DI PUSKESMAS SUKOLILO II KABUPATEN PATI
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Wilayah kerja Puskesmas Sukolilo II persalinan yang menggunakan jampersal 146 (67,3%), yang tidak menggunakan jampersal  68 persalinan (31,3%) dan yang ditolong dukun 3 persalinan (1,4%). Masyarakat banyak yang tidak menggunakan Jampersal karena tidak puas dan kurang yakin dengan pelayanan pada program Jampersal. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien Jampersal di Puskesmas Sukolilo II Kabupaten Pati.Jenis penelitian studi korelasi (Correlational study) dengan rancangan penelitian Cross Sectional dengan sampel penelitian 40 orang. Analisa data menggunakan rank spearmant.Hasil penelitian menunjukkanpasien persalinan jampersal di Wilayah Kerja Puskesmas Sukolilo II Kabupaten Pati sebagian besar menyatakan kompetensi tehnis bidan baik 77,5%, akses pelayanan baik 87,5%, efektivitas pelayanan jampersal kategori baik 87,5%, hubungan antar manusia kategori baik 60,4%, efisiensi baik 62,5%, kelangsungan pelayanan Jampersal kategori baik 87,5%, keamanan baik 87,5%, kenyamanan, baik 62,5%, menyatakan puas dalam pelayanan Jampersal sebanyak 69,8%.
Â
Kata kunci :
Kompetensi tehnis, akses pelayanan, efektivitas, hubungan antar manusia, efisiensi, kontinuitas, keamanan, kenyamanan dan kepuasan pasien jampersalFull Text:
Naskah FulltextArticle Metrics
Abstract viewed : 628 timesNaskah Fulltext files downloaded : 228 times
DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v0i0.118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Indexed by:
Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats