ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. H. MOHAMAD RABAIN KABUPATEN MUARA ENIM TAHUN 2022

Gusti Suciati(1*), Chairil Zaman(2),

(1) STIKES Bina Husada Palembang
(2) STIKES Bina Husada Palembang

(*) Corresponding Author

Abstract


Kepuasan pasien adalah indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan kepuasan pelanggan yang rendah akan berdampak terhadap jumlah kunjungan yang akan mempengaruhi provitabilitas fasilitas kesehatan tersebut, sedangkan sikap karyawan terhadap pelanggan juga akan berdampak terhadap kepuasan pelanggan dimana kebutuhan pelanggan dari waktu ke waktu akan meningkat, begitu pula tuntutannya akan mutu pelayanan yang diberikan. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui analisis kepuasan pasien terhadap pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr.H.Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022. Desain  penelitian  ini  menggunakan  Cross Sectional,  dimana  populasi dalam  penelitian  ini  sebanyak 5.362 responden, dengan sampel 99 responden yang berkunjung. Metode pengambilan sampel dalam penelitian secara purposive  sampling. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 2 Juni sampai 10 Juni tahun 2022. Pengumpulan dan pengambilan data dengan menggunakan kuesioner.  Hasil analisis uji statistik dengan mengunakan uji statistik Chi-Square dan regresi logistic dimana hasilnya menunjukkan ada hubungan bermakna (p value < 0,05) untuk variabel responsiveness (p value 0,032), dan tangible (p value 0,000). Sedangkan tidak ada hubungan variabel umur (p value 1,000), jenis kelamin (p value 0,790, pendidikan (p value 0,237), assurance (p value 0,128), emphaty (p value 0,17) dan reliability (p value 0,18). Dari hasil uji statistic multivariat diperoleh faktor dominan terhadap kepuasan pasien terhadap pelayanan adalah tangible (p= 0,000; OR= 18,631).  Diharapkan pihak rumah sakit dapat meningkatkan kenyamanan ruang rawat inap dengan memperhatikan lampu penerangan ruangan, kebersihan ruangan, kamar mandi, kelengkapan dan ketersediaan alat-alat yang digunakan

Keywords


Kepuasan Pasien, Pelayanan, Rumah Sakit

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 5180 times
PDF files downloaded : 647 times

References


Permenkes. (2019). Permenkes No. 4 Tahun 2019 tentang Standar Teknis

Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal

Bidang Kesehatan. In Kemenkes RI.

Undang-undang. (2009). UU_44_Tahun_2009 Tentang Rumah Sakit.116

Herlambang, S. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit (I).

Gosyen Publishing.

Alwy, S. N. A. (2018). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD Haji

Makasar.

Rosyidi, I., Sudarta, W., & Susilo, E. (2020). Manajemen Mutu Pelayanan

Kesehatan (Cetakan Pe). Gosyen Publishing

Widodo, P., Sulisno, M., & Suryawati, C. (2020). Pengaruh Penerapan

Perilaku Syariah Dalam Pelayanan Keperawatan, Beban Kerja, Dan

Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit. LINK,

(1), 23–30. https://doi.org/10.31983/link.v16i1.5596

Rani, C. N. A. (2018). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap

Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas Padang Panyang Kecamatan

Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. http://repository.utu.ac.id/id/eprint/411

Fitra Nova, R. (2019). Skripsi Kepuasan Pasien Rawat Inap rs. PKU

Surakarta

RSUD Dr.H.Mohamad Rabain. (2022). Profil RSUD Dr. H. Mohamad Rabain

Tahun 2022. RSUD Dr. H. Mohamad Rabain

Satrianegara, M. F. (2008). Organisasi dan Manajemen Pelayanan

Kesehatan. Salemba Medika

Hakim, L., Studi, P., Kesehatan, M., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Husada, B.

(2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Santo Antonio Baturaja

Kabupaten Ogan Komering Ulu Kabupaten Ogan Komering Ulu

Arifin, S., Rahman, A., Muhyi, R., Octaviana Putri, A., & Hadianor, H. (2019).

Hubungan Usia, Tingkat Pendidikan, Fasilitas Kesehatan Dengan Kepuasan

Pasien Di Puskesmas Muara Laung. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat

Indonesia, 6(2), 40–45. https://doi.org/10.20527/jpkmi.v6i2.7457

Rismaniar. (2021). Analisis Kepuasan Pelayanan Kesehatan Terhadap

Pasien di Puskesmas Sekar Jaya Kabupaten OKU Tahun 2021. Stikes Bina

Husada.

Argista, Z. L. (2021). “Persepsi Masyarakat terhadap Vaksin Covid-19 di

Sumatera Selatan.” Skripsi. Universitas Sriwijaya. diakses 25 Januari 2022.

https://repository.unsri.ac.id/51508/1/RAMA_13201_10011181722093.pdf

Bustami. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan &

Akseptabilitasnya (R. Astikawati & P. Adhika (eds.). Erlangga

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (V). Salemba

Medika.

Maulina, L., Madjid, T. A., & Chotimah, I. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan

Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Unit Rawat Inap

Puskesmas Cibungbulang Kabupaten Bogor Tahun 2018. Promotor, 2(2),

https://doi.org/10.32832/pro.v2i2.1798

Hariyani, S. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas

Sako Palembang Tahun 2020. STIKES Bina Husada Palembang.

Rismaniar. (2021). Analisis Kepuasan Pelayanan Kesehatan Terhadap

Pasien di Puskesmas Sekar Jaya Kabupaten OKU Tahun 2021. Stikes Bina

Husada.




DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v11i1.1444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda OneSearch PKP Index Crossref

Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats