HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN PERSEPSI DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANG RGB RUMAH SAKIT X BOGOR TAHUN 2023

Syavira Anastakim Zulian Pitaloka(1*), Istiana Kusumastuti(2),

(1) Universitas Indonesia Maju
(2) 

(*) Corresponding Author

Abstract


Rumah sakit mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Peningkatan kepuasan pasien di rumah sakit harus dilakukan jika ingin bersaing dengan rumah sakit lain baik rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta, maupun rumah sakit asing. Karena semakin banyak pilihan rumah sakit maka pasien akan semakin cerdas untuk menentukan pilihannya. Peningkatan kepuasan pasien ini berguna untuk mempertahankan pasien yang sudah ada dan juga mendatangkan pasien baru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan, fasilitas dan persepsi dengan kepuasan pasien rawat inap di ruang RGB rumah sakit X Bogor Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di rumah sakit X Bogor. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat inap di ruang RGB sebanyak 128 pasien. Untuk pengambilan sampling menggunakan teknik Purposive sampling. Jumlah sampel yang diukur menggunakan teori Lemeshow didapatkan sebanyak 97 sampel. Berdasarkan hasil uji Chi- Square dari 97 sampel didapatkan hasil bahwa ada hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien (P-Value =0,001) dengan nilai OR = 9,042. Ada hubungan fasilitas dengan kepuasan pasien (P-Value=0,001) dengan nilai OR = 22,615 dan ada hubungan persepsi dengan kepuasan pasien (P-Value=0,001) dengan nilai OR = 5,167. Dapat disimpulan bahwa ada hubungan kualitas pelayanan, fasilitas dan persepsi dengan kepuasan pasien rawat inap di ruang RGB rumah sakit X Bogor tahun 2023 dengan nilai perhitungan resiko paling besar yaitu terdapat pada variabel fasilitas. Disarankan rumah sakit X Bogor terus mengupgrade fasilitas yang akan ditawarkan kepada pasien agar bisa meningkatkan kepuasan pasien dan agar dapat terus bersaing dengan rumah sakit lain disekitarnya.

Keywords


Fasilitas;Kepuasan;Pasien;Pelayanan;Persepsi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 232 times
PDF files downloaded : 75 times

References


PERMENKES RI. Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. 2020.

Agustina MD. Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah

Sakit Paru Manguharjo Madiun. 2020;1–106.

Sari TP. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien

Rawat Inap Dirumah Sakit X [Internet]. Vol. 3, Management Studies

and Entrepreneurship Journal. 2022. Available from:

http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Sutopo E, Sudarwati, Istiqomah. Pengaruh Manajemen Mutu dan

Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud

Kabupaten Karanganyar. Jurnal Ilmiah Edunomika. 2019;3(1):159–67.

Imran B, Ramli AH. Kepuasan Pasien, Citra Ruamh Sakit dan

Kepercayaan Pasien Di Provinsi Sulawesi Barat. 2019;1–7.

Taufiq M, Samsualam, Batara AS. Pengaruh

Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan

Kepercayan Pasien Rawat Inap Di RumahSakit Umum Daerah Andi

Makkasar Parepare. Journal of Muslim Community Health (JMCH)

Se [Internet]. 2021;3(1):83–92. Available from:

https://doi.org/10.52103/jmch.v3i1.671JournalHomepage:https://pasc

a-umi.ac.id/index.php/jmch/about

Istiana MN, Ahmad LOAI, Liaran RD. Studi Kualitas Pelayanan

Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit

Umum Daerah Kota Kendari. Jurnal Kesehatan Masyarakat Celebes.

;1(2):1–8.

Abrar M. Analisis Hubungan Kinerja Tenaga Kesehatan Dan Fasilitas26

Terhadap Kepuasan Pasien Di Klinik Ananda Family Kabupaten Aceh

Barat. 2022;1–86.

Lampus CS V., Umboh A, Manampiring AE. Analisis Faktor-faktor yang

Memengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSUP

Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Medical Scope Journal. 2023 Mar

;4(2):150–60.

Wati DC, Riza Y, Rizal Achmad. Hubungan Persepsi Pasien Pada

Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi

Rawat Inap Rsd Idaman Banjarbaru Tahun 2020. 2020;1–5.

Tangdilambi N, Badwi A, Alim A. Hubungan Kualitas Pelayanan

Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Makassar.

Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS Dr Soetomo. 2019

Oct;5(2):165–81.

Harfika J, Abdullah N. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas

Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten

Aceh Barat Daya. Vol. 44, Jurnal Balance. 2017.

Hasanah U, Sulastini R. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas

Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Dewasa Di RSUD Sultan

Suriansyah Banjarmasin.

Fadhillah I, Lestari DA. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas

Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Poli Jantung di RSU Al-Islam

H.M.Mawardi Krian Sidoarjo. Jurnal Simki Economic. 2023;6(2):269–

Riski Putri N. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat

Kepuasan Pasien di Puskesmas Sungai Tutung Tahun 2022. Jurnal

Kesmas Jambi. 2022;6(2)




DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v12i1.1772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda OneSearch PKP Index Crossref

Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats