FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEIKUTSERTAAN IBU MENGIKUTI KELAS IBU HAMIL DI PUSKESMAS HUTARAKYAT KABUPATEN DAIRI TAHUN 2019
(1) Institut Kesehatan Helvetia Medan
(2) Institut Kesehatan Helvetia Medan
(3) Institut Kesehatan Helvetia Medan
(*) Corresponding Author
Abstract
Sasaran Sustainable Development Goals (SDGs) menjelang tahun 2030 adalah mengurangi angka kematian ibu hingga di bawah 70 per 100.000 kelahiran hidup. Sehubungan dengan hal itu, Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Kesehatan Keluarga menyelenggarakan program kelas ibu. Salah satu program kelas ibu tersebut adalah kelas ibu hamil. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengambilan sampeldengan menggunakan teknik total sampling sebanyak 56 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian dilaksanakan di puskesmas Hutarakyat dari bulan Mei sampai bulan Oktober 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pengetahuan (p=0,024),dukungan suami(p=0,029),dukungan petugas kesehatan(p=0,002) dan tidak ada pengaruh pendidikan (p=1,000),pekerjaan (p=0,737),keterjangkauan fasilitas kesehatan (p=0,711) terhadap keikutsertaan ibu mengikuti kelas ibu hamil. Variabel yang paling dominan memengaruhi keikutsertaan ibu mengikuti kelas ibu hamil adalah dukungan petugas kesehatan dengan nilai p value 0,007<0,05 dan nilai Exp (B) sebesar 14,515. Saran kepada ibu agar dapat menambah pengetahuan tentang kehamilan dengan mengikuti kelas ibu hamil yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan dan kepada petugas kesehatan khususnya bidan agar memberikan penyuluhan dan informasi akan pentingnya kelas ibu hamil bagi kesehatan ibu hamil.
Kata Kunci: Kelas ibu hamil, pengetahuan, dukungan suami, dukungan petugas kesehatan
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract viewed : 436 timesPDF files downloaded : 138 times
DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v8i1.570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Indexed by:
Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats