PENGETAHUAN WANITA DALAM MENGHADAPI MENOPAUSE DI PEDUKUHAN GOWOK KABUPATEN SLEMAN

Milatul Asifah, Menik Sri Daryanti

Abstract


Menopause merupakan masa berakhirnya siklus menstruasi pada wanita yang terdiagnosis setelah 12 bulan wanita tidak mengalami periode menstrusi. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesiapan wanita dalam menghadapi menopause adalah pengetahuan ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan wanita dalam menghadapi menopause di Pedukuhan Gowok Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpossive sampling dengan besar sampel sebanyak 60 orang wanita usia subur (WUS). Hasil analisa data menunjukkan tingkat pengetahuan wanita dalam menghadapi menopause dengan pengetahuan baik sebanyak 13 responden (21,7%), pengetahuan cukup 12 responden (20%) dan pengetahuan kurang 35 responden (58,3%). Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh simpulan bahwa pengetahuan wanita dalam menghadapi menopause di Pedukuhan Gowok Kabupaten Sleman yaitu berada dalam ketegori kurang. Diharapkan bagi responden untuk selalu berusaha mencari informasi mengenai menopause yang akan terjadi pada setiap wanita dengan pengetahuan yang baik akan berdampak pada kesiapan dalam menghadapi menopause

Keywords


Menopause, Pengetahuan Wanita

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 104 times
PDF files downloaded : 29 times

References


Wardani, D. A., Sumiati, & Waisong, Y. (2019). Hubungan Dukungan Suami dengan Kualitas Hidup Perempuan Menopause. Jurnal Medika Karya Ilmiah Kesehatan , 21-30.

BKKBN, BPS dan Kemenkes RI. (2018). Survei Demografi dan Kesehatan 2017. Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Dinkes DIY. (2018). Profil Kesehatan Provinsi D.I. Yogyakarta 2018. Yogyakarta: Dinkes D.I. Yogyakarta.

Kusumawati, S. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Kesiapan Ibu dalam Menghadapi Menopause di Desa Berangas Timur Kab. Barito Kuala. Jurnal Publikasi Kebidanan , 13-20.

BPS Sleman. (2019). Jumlah Penduduk Menurut Golongan Umur dan Jenis Kelamin di Kabupaten Sleman. Kabupaten Sleman: Badan Pusat Statistik.

Kling, J. M., Kelly, M., Rullo, J., Kapoor, E., Kuhle, C. L., Vegunta, S., et al. (2019). Association Between Menopausal Symptoms and Relationship Distress. Maturitas , 1-5.

Artikasari, N. D., & Tuszahroh, N. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Menopause Dini di Desa Kalirejo Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang. Journal for Quality in Women's Health , 50-56.

Mubarak, W. I. (2011). Promosi Kesehatan untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Febrianti, R. (2019). Persepsi Wanita Tentang Kecemasan Dalam Menghadapi Menopause di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Bulan Kota Medan. Menara Ilmu , 74-81.

Bong, M. T., Mudayatiningsih, S., & Susmini. (2019). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Menopause Dengan Tingkat Stress. Nursing News , 112-122.

Estiani, M., & Dhuhana, C. (2015). Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan Wanita Pramenopause Terhadap Sikap Menghadapi Menopause di Desa Sekar Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Keperawatan Sriwijaya , 101-107.

Tarigan, I., Sinuhaji, L. N., & Sembiring, M. (2019). Hubungan Pendidikan, Paritas, Pekerjaan, dan Lama Menopause dengan Kualitas Hidup Perempuan Menopause di Puskesma Kabanjahe Kabupaten Karo. Jurnal Mutiara Ners , 158-167.

Trisnawati, Y., & Retnawati, S. A. (2019). Tingkat Pengetahuan Wanita Premenopause Tentang Menopause di Wilayah Kerja Puskesmas Batu 10 Kota Tanjung Pinang. Jurnal Cakrawala Kesehatan , 28-36.

Hidayah, N., & Cahyani, S. T. (2018). Hubungan Pengetahuan Tentang Menopause Dengan Tingkat Stres Pada Wanita Usia Subur. University Research Colloqium , 794-801.

Widayati, C. N., Purhadi, & Utami, A. P. (2019). Studi Diskriptif Tingkat Pengetahuan Tentang Menopause Pada Ibu Premenopause di Dusun Tunggak. The Shine Cahaya Dunia Ners , 10-18




DOI: https://doi.org/10.31596/jkm.v8i2.682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar Garuda OneSearch PKP Index Crossref

Copyright of JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. ISSN: 2338-6347 (Print) dan 2580-992X (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. View My Stats